Tips Menghindari Alkohol Dalam Masakan

Biasanya masakan cina yang proses masakannya dengan ditumis, tak lepas dari angciu. Angciu bukanlah suatu bahan tambahan atau bumbu yang ditambahkan alkohol melainkan angciu sendiri artinya arak merah dalam bahasa cina. Angciu adalah jenis khamar yang kadar alkoholnya sangat tinggi.  sehingga angciu sudah ditetapkan Haram oleh Majelis Ulama Indonesia.

angciuWalaupun penggunaan angciu ini biasanya hanya sekedar sebagai aroma agar makanan tersebut tercium kelezatannya namun tetap ditetapkan haram.

Sudah banyak rumah makan bersertifikasi dan koki-koki yang peduli halal, segera menggantikan angciu dengan air jahe segar atau bisa juga kecap asin yang ditambah dengan perasan air jeruk nipis atau lemon.

Pada masakan jepang biasanya mereka menggunakan sejenis mirin atau sake untuk bumbu masakannya. Biasanya jarang restaurant jepang yang tidak melepaskan bumbu mirin ini.  Padahal Mirin atau sake mengandung alkohol juga. Jadi restaurant Jepang yang belum mendapatkan sertifikat halal biasanya kebanyakan memang masih menggunakan bumbu ini.

Beberapa alternatif pengganti bahan-bahan tambahan yang beralkohol dapat dilakukan walaupun rasanya tidak seenak menggunakannya. Namun bagi yang ingin selalu menghadirkan masakan halal atau sedang mengajukan sertifikasi halal dari MUI segera mulai mengganti bumbu berakhohol itu dengan racikan yang halal.

Berikut adalah bumbu alternatif nya:

Ang Ciu : Alternatifnya adalah campuran kecap asin dan perasan jeruk limau.
Mirin : Alternatifnya adalah jus anggur yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.
Red Wine : Alternatifnya adalah jus anggur, jus cranberry dan jus tomat.
Bourbon : Alternatifnya adalah ekstrak vanilla, jus cranberry atau jus anggur.
Brandy : Alternatifnya adalah sirup buah cerry atau selai cerry.
Muscat : Alternatifnya adalah jus anggur yang ditambah dengan air dan gula putih.
Vodka : Alternatifnya adalah sari buah apel atau jus anggur dicampur dengan perasan jeruk nipis.
White brandy : Alternatifnya adalah anggur, sari buah apel, kaldu sayuran maupun air biasa.
Apple Brandy : Alternatifnya adalah jus apel tanpa pemanis

Penting kita memperhatikan apa yang kita makan. Bagi muslim hal ini penting karena doa dan ibadahnya bisa tertolak 40 hari apabila memakan makanan Haram. tidak ada alasan apapun soal alkohol yang dimakan sedikit atau banyak karena tetap haram. Dalih bahawa kandungan alkoholnya yang digunakan dalam masakan hilang karena dipanaskan tidak benar, karena sudah ada penelitian,  masih ada sisa yang tertinggal. Alkohol dalam angciu tinggi berkadar 15%.

Bagi non muslim mungkin perlu diketahui bahwa dalam agama islam yang haram bukan hanya babi saja. melainkan banyak hal lain yang dapat membuat makanan menjadi diharamkan. produk permentasi seperti angciu yang mengandung alkohol juga haram.