Tips Mudah Mengatasi Gejala Stress

Kalau sudah stres bisa banyak kejadian yang tidak kita inginkan, lama-lama kalau tidak dikendalikan dengan baik, stres menjadi penyebab sakit. Setiap orang memerlukan kegiatan rekreasi sebagai pelampiasan untuk mengendurkan ketegangan.

Para ahli psikologi bahkan menegaskan bahwa rekreasi sangat penting untuk kesehatan jiwa karena tekanan hidup yang berat memerlukan penyaluran agar tidak menyebabkan frustasi. yang mengakibatkan banyak kasus bunuh diri dan kasus narkoba.

6 tips mengurangi tekanan hidup sebagai berikut :

1. Kerjakan Sholat
segala masalah kehidupan dan solusinya berasal dari tuhan. stres timbul karena kita tidak mengenal tuhan, tidak yakin kuasa tuhan. maka sholat/sembahyang adalah solusi utama mengatasi stres. tujuan dari masalah adalah membuat manusia untuk menjadi lebih bertakwa. saat sholat curhatlah kepada-Nya. Insya allah ditenangkan dan dimudahkan segala urusan. bukankah allah swt berjanji setelah kesulitan akan ada kemudahan.

2. Duduk di taman
Bila Anda jeli, sebenarnya cukup banyak “oase” kecil di sekitar kita. Selain di area kompleks perumahan, taman kecil yang hijau kini sudah lumayan banyak bertebaran di sekitar perkantoran. Luangkan waktu sekitar 5 menit untuk duduk menikmati udara segar dan hijaunya taman.

3. Melihat foto
Melihat-lihat kembali album foto dari peristiwa menyenangkan adalah salah satu pelepas stres yang murah dan efektif. Bayangkan kembali diri Anda pada peristiwa bahagia tersebut dan rasakan sensasinya.

4. Berjalan kaki atau olahraga
Aktivitas fisik adalah cara yang sehat untuk melepas stres karena bisa memicu hormon-hormon antistres. Luangkan waktu beberapa menit setiap pagi atau setelah makan siang.

5. Meditasi
Setiap aktivitas yang bisa membuat perhatian kita tetap tenang dan fokus sudah bisa disebut sebagai meditasi. Itu berarti bisa kegiatan menyulam, menulis, menjahit, atau duduk diam. Lakukan 5-10 menit setiap hari dan rasakan kadar stres yang menurun.

6. Ambil jeda
Bila emosi sudah tidak bisa dibendung, alihkan perhatian Anda untuk sejenak fokus pada sesuatu yang baru. Misalnya melihat ke jendela, menyeruput teh hangat, atau memperhatikan pohon yang tertiup angin. Biarkan imajinasi Anda bebas untuk sesaat.

7. Membaca buku
saat membaca kita sejenak berhenti memikirkan segunung masalah, tapi juga membuat kita seolah masuk ke dunia baru yang sedang dibaca. Membaca di malam hari adalah kegiatan yang dianjurkan. Kamar tidur adalah tempat yang hangat, nyaman, dan damai. Kombinasikan dengan buku bagus, maka Anda akan merasa kembali fokus pada diri sendiri.

Leave a Comment