Tips Mematikan Lele dan Cara Mudah Memasak Lele

Ikan lele memang punya rasa yang memikat, empuk dan gurih. Hanya saja,  ikan lele sulit diolah karena amis dan susah kering saat digoreng. Tak cuma itu, saat digoreng, ikan lele juga sering memercikan minyak panas.

lelegoreng

Tips agar lele yang digoreng tidak membuat minyak panas memercik ke luar, lele harus disayat mendatar di antara tulang utama dan dagingnya. Penyayatan daging ini akan mempercepat penguapan kadar air dalam tubuh lele sehingga minyak panas yang tercampur air makin sedikit. Tak cuma itu, penyayatan ini juga memungkinkan daging ikan lele matang merata di seluruh bagiannya.

Penting diperhatikan saat menggoreng ikan lele ini adalah volume minyaknya. Agar ikan jadi garing, pastikan ikan terendam dalam minyak panas. Ikan harus digoreng deep fried dengan menggunakan api besar. Efeknya daging ikannya juga akan jadi lebih garing dari bagian ekor sampai kepala, bahkan tulangnya pun juga bisa dimakan.

Cara Agar Lele Cepat Mati 

Bagaimana membunuh ikan lele yang masih hidup? yaitu  dengan mengggunakan Garam. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah, Pertama,. sediakan air secukupnya lebih kurang satu liter dan beri garam lebih kurang satu ons  kemudian diaduk hingga rata.

Kedua, tangkap ikan lele dari habitat atau tempat hidupnya berapa atau secukupnya untuk dikonsumsi  lalu masukkan kedalam larutan garam tadi.

Langkah yang ketiga, tutup tempat tersebut agar ikan tidak melompat. Keempat, diamkan beberapa saat hingga ikan tersebut mati hingga siap diolah.

Mengapa ikan lele yang diberi rendaman  larutan air garam segera mati setelah beberapa saat? Jawabnya adalah; awalnya habitat ikan lele adalah ada di air tawar. Ketika ikan lele tersebut dimasukkan ke dalam air garam, maka ikan berusaha beradaptasi pada alam yang baru. Tapi, karena kondisinya berbeda, ikan lele sudah tidak bisa beradaptasi

Ikan lele saat itu mendapatkan konsumsi makanan dan oksigen yang terlarut dari air tersebut. Maka, otomatis langsung masuk melalui mulut dan  ke dalam tubuhnya. Sedikit demi sedikit keluarlah ion–ion pada tubuhnya untuk mengadakan keseimbangan.

Tetapi karena kadar garamnya, tinggi maka tidak dapat mengimbanginya dan akhirnya ikan lele tersebut mati. Setelah ikan lele dipastikan mati barulah diolah.