Tips Kegiatan Harian Agar Bahagia Sepanjang Hari

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University menemukan bahwa orang akan merasa bahagia saat mereka bangun tidur, tapi semangat akan cenderung turun di jam-jam berikutnya. Penelitian itu pun menunjukkan bahwa pola tidur dan ritme sirkadian memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati seseorang.

Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa bahagia sepanjang hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rasa bahagia terus muncul hingga Anda kembali terlelap.

Jam 09:00 : Minum Secangkir Teh

Minum empat cangkir atau lebih teh hijau per hari, akan menurunkan risiko mengalami depresi hingga 44 persen.

Para peneliti percaya bahwa asam amino theanine yang ditemukan dalam teh hijau dapat mengurangi gejala kecemasan dan merangsang produksi gelombang otak yang dikenal sebagai gelombang alpha, yang membuat orang merasa santai. Ini juga yang mengubah kadar serotonin dan dopamine di otak, sehingga seseorang terus merasa bahagia.

Jam 11:00 : Cobalah Duduk Lebih Tegak

Jika pekerjaan sudah mulai terasa penat, cobalah duduk lebih tegak. Ini dapat membantu postur tubuh dan suasana hati tetap terjaga. Sebuah penelitian di Ohio State University menemukan bahwa postur tubuh mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menghasilkan pikiran positif dan negatif.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang membungkuk, lebih rentan terhadap stres. Jadi, pastikan posisi punggung tetap lurus dengan sandaran kursi yang tegak. Ini akan menyelaraskan tulang belakang, dan membuat Anda merasa bahagia dan tersenyum.

Jam 16:00 : Olahraga Jalan

Olahraga jalan memberikan banyak manfaat, mulai dari otot yang lebih kuat, jantung sehat, lingkar pinggang ramping dan perasaan bahagia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State University mengungkap bahwa orang yang aktif secara fisik akan memiliki perasaan lebih gembira dan antusias dibanding mereka yang kurang aktif.

Ini karena, olahraga meningkatkan norepinefrin, serotonin dan dopamin yang membuat orang merasa bahagia. Peneliti menemukan, olahraga selama 20 menit akan meningkatkan suasana hati hingga 12 jam.

Jam 18:00 : Hirup Udara segar

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Epidemiologi and Community Healthmengatakan bahwa semakin Anda dekat dengan alam maka Anda akan merasa sehat dan lebih bahagia. Selain itu, ditemukan bahwa orang yang tinggal di lingkungan perkotaan lebih cenderung mengalami gangguan kecemasan dan depresi.

Tinggal di kota? Jangan khawatir, para peneliti mengatakan bahwa joging di taman atau area hijau dapat membantu Anda mengurangi stres dan cemas.

Jam 21:00 : Menulis

Apa saja hal-hal yang membuat Anda bahagia hari ini? Tulis setidaknya tiga hal yang membuat perasaan Anda bahagia. Ini akan memaksa Anda mengakui bahwa hal-hal baik selalu terjadi setiap hari. Jangan lupa untuk mem-posting tiga hal tersebut di media sosial untuk membagi kebahagiaan Anda pada teman-teman