Sering Minum Kopi Bikin Tulang Keropos

Kedai kopi semakin menjamur di Jakarta, entah betul-betul merupakan kebutuhan atau sekedar gaya hidup, yang jelas jarang terlihat bangku-bangku kosong di gerai kopi, mereka selalu dipenuhi penikmat kopi yang setia mendapatkan ‘daily dose’-nya, begitu mereka menyebutnya.

Sebagian besar orang minum kopi karena di samping cita rasa yang lezat, mereka juga ingin mendapatkan efek kafein bekerja di dalam tubuh mereka, kafein akan membuat seseorang lebih terjaga, tidak mengantuk, dan segar. Lalu bagaimana kafein mempengaruhi kondisi kesehatan kita?

Kopi memiliki zat kandungan kafeinnya yang harus dicermati batasan konsumsi hariannya. Pasalnya, jika berlebihan bisa membuahkan potensi risiko ancaman kesehatan bagi tubuh 

Salah satu contohnya adalah konsekuensi mengkonsumsi kafein, yang menimbulkan dampak tulang keropos.

Berikut ini adalah 4 langkah kemungkinan bagaimana kopi bisa membuat tulang Anda keropos:

  1. Kadar kafein yang tinggi di dalam darah mempengaruhi sistem yang mengatur ritme jantung, sehingga impuls untuk jantung berdetak lebih cepat dilepaskan, inilah yang menyebabkan kita berdebar-debar saat minum kopi, Anda pasti pernah mengalami sensasinya.
  2. Semakin sering jantung berdetak, kebutuhan otot jantung akan kalsium juga semakin meningkat, hal ini dikarenakan kalsium memang substansi yang esensial untuk menghasilkan kontraksi otot.
  3. Nah, pemakaian kalsium berlebih inilah yang sering menimbulkan masalah, meningkatnya pemakaian kalsium oleh otot jantung membuat tubuh kita harus memperoleh sumber kalsium lainnya, yang pada akhirnya dipecah langsung dari tulang.
  4. Padahal kita semua tahu kalsium begitu penting dalam menjaga kesinambungan tulang belulang. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu panjang, bukan tidak mungkin tulang seseorang menjadi keropos.

Dalam dunia kedokteran tulang keropos disebut osteoporosis, penyakit ini lebih sering menyerang wanita. 

Leave a Comment