Senyum Mengalahkan Penyakit Hati Dengki

Senyum mampu mengatasi manusia yang memiliki penyakit dengki. Senyum  menampakan rasa persaudaraan, memperlihatkan kejernihan, risalah kasih sayang, dan ungkapan cinta. Makanya senyuman apabila diberikan kepada hati manusia yang penuh kedengkian, maka dia akan menghancurkannya. 

senyum-lawan-dengki

Senyuman itu mencerai-beraikan ikatan kebencian, membuang waswas rasa dendam, mencuci ikatan kedengkian, dan menghapus luka pemutusan hubungan. “Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah,” karena Anda memasukkan kesenangan ke dalam dirinya, Anda menghadiahinya dengan kehalusa, Anda menenteramkan hatinya dengan pertemuan yang indah, dan Anda mendinginkan kepedihan hatinya dengan kecerahan hidup.

Wahai orang yang ingin menarik simpati, senyumlah di hadapan orang banyak. Anda akan menghanyutkan kebusukan-kebusukan hati mereka dan menarik kerinduan-kerinduan jiwa mereka.

Senyuman merupakan obat manjur yang direkomendasikan oleh ahli-ahli hati. Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan baginya, indahlah akhlaknya dan lembutlah hatinya.

Dia menyinari kehidupannya dengan derai senyuman untuk saudara-saudaranya, sehingga cahaya-cahaya ketenangan melimpahinya dan sepoi-sepoi kenyamanan menghembusnya. Sehingga orang yang cemberut kehidupannya, muram wajahnya, dan bejat akhlaknya, adalah orang yang merugi dan bukan selainnya, karena dia kehilangan teman-temannya, mencampakkan kawan-kawannya dengan kemasaman mukanya, dan menyia-nyiakan persahabatan yang bisa menghasilkan banyak harta, berupa emas dan perak.

Leave a Comment