Samsung Galaxy A5, Performa Atas Harga Menengah

Kompetitor Samsung kerap menjadikan material plastik yang dipakai pada smartphone dari vendor korea selatan tersebut sebagai bahan ejekan.

harga-samsung-galaxy-a5

Tidak hanya mengolok soal kualitas material, Samsung juga kerap diejek karena perangkatnya tidak punya tampilan yang premium. Tidak sesuai dengan harganya yang mahal.

Tak mau lagi diejek, Samsung pun mulai menyertakan material metal seperti pada ponsel premiumnya, Galaxy Note 4. Setelah Note 4, kini Samsung hadir lewat jajaran seri A yang salah satunya adalah Galaxy A5.

Galaxy A5 hadir dengan material full alumunium dan juga konstruksi unibody. Satu hal yang tidak pernah dilakukan Samsung sebelumnya. Selain balutan material alumunium, Galaxy A5 juga menawarkan spesifikasi yang di atas kertas cukup menjanjikan.

Untuk kali pertama Samsung akhirnya merilis ponsel dengan bodi yang sepenuhnya alumunium. Tentu ini jadi sesuatu yang berbeda dan memberikan rasa baru pada perangkat Samsung.

Saat digenggam, Galaxy A5 yang hadir dengan konstruksi unibody ini memang terasa sangat kokoh, berbeda sekali dengan ponsel-ponsel Samsung sebelumnya.

Sentuhan akhir yang tidak glossy pada permukaan berwarna putih di unit review kami juga membuat Galaxy A5 tampil lebih menarik.

Ukuran perangkatnya sendiri tergolong bersahabat dengan tangan.  Meski terkadang sedikit licin, tapi permukaan rata di sisi kiri dan kanan memberikan tempat yang cukup memadai untuk memantapkan genggaman.

Penggunaan material alumunium ternyata tidak membuat Galaxy A5 ini punya bobot yang berat dan justru sebaliknya. Dengan bobot 123 gram, Galaxy A5 ini lebih ringan 145 gram daripada Galaxy S5 yang masih menggunakan plastik.

Desain Galaxy A5 tidak banyak membawa perubahan kecuali bentuk yang telihat lebih mengotak seperti seri Note. Layout sendiri tidak berubah dari ponsel Samsung lain.

Tombol fisik home yang sudah menjadi ciri khas tetap ada di tengah bawah dan diapit tombol sentuh Home, serta multitasking.

Di sisi kanan terdapat tombol power, slot nano SIM dan micro SD. Port micro USB, mikrofon, dan 3,5mm headset jack ada di bawah.

Sedangkan untuk tombol volume masih ada di sisi kiri perangkat. Speaker masih ada di bagian belakang di sebelah kamera.Cukup disayangkan memang karena posisi tersebut bukan yang terbaik untuk sebuah speaker.

Leave a Comment