OS NeoKylin Populer di China Mirip Windows XP

os_neokylin

NeoKylin kini adalah OS untuk PC yang paling populer di China, dan OS tersebut punya tampilan yang sangat mirip dengan Windows XP buatan Microsoft. OS ini adalah salah satu hasil program pemerintah China untuk mengurangi ketergantungan terhadap Microsoft.

Program ini pertama dijalankan oleh pemerintah China pada tahun 2013, dengan menggandeng Canonical sebagai salah satu pembuat OS berbasis Ubuntu. Proyek pertamanya bernama Kylin, yang tak terlalu populer.

Namun versi keduanya, NeoKylin, ternyata kini menjadi salah satu OS paling populer sebagai pengganti Windows di China. OS yang dibuat oleh China Standard Software ini punya menu Start yang dengan tampilan yang sangat mirip dengan tema Windows XP Media Center.

Tak sekadar tampilan yang mirip, NeoKylin juga sudah terintegrasi dengan aplikasi semacam Word, Excel dan PowerPoint yang juga sangat mirip dengan aplikasi buatan Microsoft itu. Bedanya, aplikasi tersebut adalah hasil modifikasi OpenOffice.

Saking populernya, lebih dari 40% PC Dell yang dijual di China, dikapalkan dengan OS NeoKylin ini. Namun memang tak terungkap apakah NeoKylin yang digunakan oleh Dell itu mempunyai tampilan yang serupa dengan Windows XP.

Tak aneh memang jika Pemerintah China ngotot ingin membuat versi alternatif dari Windows XP. Pada tahun 2014 lalu, sekitar 27% PC yang ada di China masih menggunakan OS buatan Microsoft itu.

Apalagi, pemerintah China memilih untuk memblokir penggunaan Windows 8 di Negeri Tirai Bambu itu, saat Microsoft memilih untuk menghentikan dukungan untuk Windows XP. Meski hingga saat ini Microsoft masih menyuplai Windows 7 untuk pemerintah China.(detik)