Nissan Evalia Gebrak Pasar Indonesia

Nissan menggebrak pasar mobil MPVdi Indonesia yang selama ini dikuasai duet Avanza- Xenia. Kini Nissan menghadirkan Nissan Evalia ke pasar otomotif yang sangat kompetitif saat ini. Mobil jenis MPV yang disebut-sebut sebagai Baby Serena ini dilepas pada level harga sangat menarik mulai dari Rp 145 – 180-an juta.

Dibandingan dengan pesaingannya Nissan Evalia Lebih Unggul, mobil keluarga yang didesain di Jepang ini lebih besar.

Nissan Evalia menggunakan mesin yang sama dengan Grand Livina, yaitu menggunakan mesin HR15DE, 4 silinder berkapasitas 1.5 liter CVTC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar  109 PS pada 6000 rpm. Evalia ditawarkan dengan dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Karena bobot Evalia lebih berat daripada Grand Livina, Nissan perlu merubah perbandingan gigi transmisi dan final gearnya.  Wheelbase Evalia memiliki panjang 2.725 mm, lebih panjang dari Grand Livina yang hanya memiliki panjang 2.600 mm, jelas membuat kabin Evalia menjadi lebih lapang dan nyaman.

Menurut Nissan, kabin Evalia di desain luas dengan bodi model  high roof dan bangku tujuh penumpang yang lega, sehingga Evalia cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu, Evalia juga memiliki kemudahan akses keluar masuk dengan pintu tengah yang sudah menggunakan sliding door, sehingga mudah dibuka meskipun di tempat sempit sekalipun.

Evalia juga telah dilengkapi dengan Electric Power Steering dan sebuah kamera untuk melihat ke belakang atau rear view camera berupa opsional untuk memudahkan saat memarkir kendaraan. Selain itu, Evalia juga telah disematkan beberapa fitur keamanan seperti Anti-lock brakes system (ABS) dengan Electronic Brake Assist (EBA) dan Electronic Force Distribution (EBD). Kemudian adanya pilihan Electronic Stability Programme (ESP) yang bisa menjadi fitur standar atau fitur opsional.


Leave a Comment