Mengatasi Bahaya Kecanduan Game Online

Budaya masyarakat sekarang ini termasuk bermain game online. Para pecinta game online menjadi berbahaya bila dilakukan secara berlebihan. Ahli kejiwaan bahkan telah mengkelompokkan maniak game online sebagai pecandu, seperti halnya pecandu narkoba.

Apalagi Permainan game online saat ini cenderung mengarahkan para pengemarnya ke hal-hal yang negatif. Banyak dari mereka masuk pusat rehabilitasi, dimasukkan ke dalam kamp mirip seperti barak militer untuk pemulihan jiwa. Memang Di beberapa negara besar sudah menggolongkan kecanduan sangat berbahaya yang butuh penanganan yang serius.

Dampak bermain game online lebih banyak negatifnya daripada positifnya. Ada banyak dampak negatif seperti kesehatan yang menurun, perubahan pola hidup, psikologi, hubungan sosial, tindakan kriminal, dan bahkan hingga kematian.

Oleh karena itu, para pecandu terhadap permainan online, agar sebisa mungkin segera mengubah kebiasaan mereka. Didorong oleh keinginan tulus supaya para pecandu game online dapat segera mengubah kebiasaan mereka.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memantu mereka mengatasi kecanduan tersebut.

1. Mantapkan Niat Meninggalkan Game Online
Jika Anda serius untuk berhenti dari kecanduan ini, memang hal pertama yang harus Anda miliki adalah tekad serta kemauan yang kuat untuk terlepas dari kebiasan tersebut. Memang awalnya akan mengalami kesulitan untuk tetap bisa menjaga komitmen. Namun percayalah, bila niat Anda kuat, maka Anda akan bisa melewatinya dengan baik, motivasilah diri Anda bahwa Anda pasti bisa berubah.

2. Perbanyak Ibadah Dekatkan kepada Tuhan
Hal yang satu ini tidak dapat Anda sepelekan karena dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, Anda akan lebih percaya diri bahwa Anda dapat berubah. Berdoalah selalu dan perbanyak mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

3. Pikirkan Selalu Dampak Buruknya
Dengan selalu memikirkan dampak buruknya, sedikit demi sedikit Anda akan mulai menjauhi game online tersebut, karena dengan cara ini Anda akan tersugesti seandainya hal-hal buruk tersebut menimpa diri Anda sendiri.

4. Segera Berhenti Bermain Game Online lagi
Karena Anda sudah berkomitmen untuk sembuh dari kecanduan ini, maka Anda harus mau untuk berhenti memainkan permainan tersebut. Jangan Anda mengurangi durasi bermain Anda, tetapi berhentilah saat itu juga, karena bila Anda hanya mengurangi durasinya, maka keinginan untuk memainkannya pasti akan muncul kembali, bahkan mungkin lebih besar, sehingga Anda tidak dapat mengendalikannya. Pikirkanlah selalu bahwa lebih baik tidak memainkannya daripada terjerumus lagi. Namun suatu saat, ketika Anda sudah dapat mengendalikan kecanduan Anda, bila tiba-tiba Anda ingin memainkannya, maka Anda tidak perlu merasa khawatir karena pasti Anda sudah bisa mengendalikan diri Anda.

5. Terbuka Curhat pada Orang Terdekat
Ceritakanlah tentang kecanduan yang Anda alami kepada keluarga Anda supaya keluarga Anda dapat memberi dukungan atau jalan keluar untuk Anda. Jangan malu untuk berkata jujur kepada mereka. Dengan keterbukaan Anda itu akan memberi kepercayaan diri untuk terlepas dari kecanduan game online.

6. Menjauhkan Diri dari Perangkat Game Anda
Segera kemasi dan sembunyikan perangkat game Anda supaya Anda tidak tergoda untuk memainkannya lagi. Usahakan di kamar Anda tidak terpasang perangkat game online, karena kurangnya pengawasan dari orang terdekat atau dari orangtua Anda, maka Anda akan tergoda untuk memainkannya tanpa adanya teguran dari mereka.

7. Melakukan Hal Positif saat Waktu Luang
Sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan lain selain bermain game online. Perbanyak kegiatan positif yang bisa Anda lakukan seperti bersenda gurau dengan keluarga, olahraga, menulis blog, bermain musik, dan sebagainya. Buat diri Anda sesibuk mungkin dengan hobi baru Anda sehingga Anda tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan bermain game onlline kembali.

8. Berbaurlah dengan Orang Lain
Berinteraksi dengan orang lain sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, mulailah keluar rumah jangan mengurung diri di kamar, hubungi segera teman-teman Anda untuk kumpul bersama membahas kegiatan yang positif.