Air Liur Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Pernahkah mengamati fauna yang menjilati luka dengan air liur? Saliva atau air liur memang tak dibuat hanya untuk mengawal mulut tidak kering. Secara kesehatan, ia punya tidak sedikit manfaat lainnya. Tidak hanya untuk hewan juga untuk manusia. Bukan melulu berguna untuk areal mulut saja, air liur pun penting untuk situasi pencernaan.

Inilah guna air liur guna kesehatan tubuh manusia.

Menjaga Kebersihan Mulut
Air liur berisi zat yang dapat menangkal timbulnya bakteri di mulut. Zat antibodi dan senyawa antimikrobanya, menurut keterangan dari para berpengalaman juga bisa mematikan sekian banyak virus, tergolong HIV.

Yang pun sering diabaikan, ialah kemampuan air liur untuk mengayomi permukaan epitel dari tidak sedikit zat berbahaya, laksana nikotin, alkohol, dan bahan kimia lain. Air liur pun melindungi epitel dari enzim proteolitik, yang beberapa besar didapatkan oleh organisme dari plak gigi.

Mencegah Kerusakan Gigi
Kandungan polin dalam air liur pun mampu mengawal kesehatan gigi. Sebab, polin adalahprotein yang bermanfaat melindungi enamel gigi. Di samping itu, kandungan mineral air liur pun dapat menolong proses remineralisasi gigi.

Menyembuhkan Luka
Mengapa luka di gusi dan pipi unsur dalam lebih cepat sembuh dikomparasikan dengan kulit luar? Karena air liur berisi protein, sehingga menolong membentuk pembuluh darah baru. Ini sebabnya fauna sering tampak menjilati luka di tubuhnya.

Membantu Proses Pencernaan
Air liur ternyata pun memperlancar pencernaan. Ia mendorong makanan yang masuk dari mulut ke tenggorokkan, sampai akhirnya ke lambung. Beberapa makanan laksana asam dapat menstimulasi buatan air liur, yang menolong proses mula masuknya makanan ke perangkat pencernaan.

Melindungi Lambung
Kandungan dalam air liur pun mampu menjadi pelindung lapisat perut dari sekresi asam lambung dan enzim pepsin pencernaan. Tanpa perbuatan protektif ini, tidak sedikit saluran pencernaan yang bakal merusak diri sendiri.