Mendidik Anak dengan Kasih Sayang dan Disiplin

Saat ini para orangtua sudah memahami pentingnya memberikan perhatian kepada anak-anaknya. Tak hanya kebutuhan materi, orangtua juga menyirami mereka dengan kasih sayang demi memenuhi kebutuhan emosionalnya.

Dalam sebuah penelitian, sebanyak 105 orangtua dari anak-anak berusia 3-12 tahun menjadi objek studi. Penelitiannya menunjukkan bahwa tingkat dukungan yang tepat sesuai usia, kemampuan, dan temperamen anak terkait dengan pengembangan otonomi anak-anak, tanggung jawab dan kontrol diri, penting bagi anak.

Menurut penelitian juga orangtua yang memanjakan atau bahkan overprotektif justru menjadikan anak-anak yang lebih manja. Dampak buruk juga terlihat pada anak-anak yang diberi terlalu banyak kebebasan.

Menerapkan disiplin juga tidak berarti melarang memanjakan seorang anak, namun pengasuhan harus disertai batasan. Dan, tentu harus seimbang antara penerapan disiplin dan memanjakan.

Penerapan disiplin erat kaitannya dengan pelaran konsekuensi serta konsistensi dalam perilaku yang dapat diterima dan tidak. Orang tua dengan anak sebaiknya juga duduk bersama dan membicarakan mengapa aturan ada dan mengapa harus dituruti. Itu semua untuk membantu mereka memahami mengapa hal itu penting untuk mengendalikan perilaku mereka.

Mari kita memberi dukungan, kasih sayang, dan didikan yang terbaik bagi buah hati.

Leave a Comment