Membuat Bahan Pewarna Makanan Alami Lebih Sehat

Sudahkan Anda mencoba untuk menggunakan bahan pewarna makanan yang alami? Bahan pewarna makanan yang alami dapat kita buat sendiri dirumah, sedangkan bahan pewarna makanan buatan harus kita beli. Waupun menggunakan bahan pewarna alami memang agak sedikit repot karena harus membuatnya terlebih dahulu sebelum digunakan, namun ternyata menggunakan bahan pewarna makanan yang alami ada manfaatnya loh ketimbang dengan menggunakan bahan pewarna makanan yang buatan pabrik.

Apakah Anda sudah tahu apa manfaat menggunakan bahan pewarna makanan yang alami? Jika belum, silahkan baca beberapa manfaat yang kita perolah ketika kita menggunakan bahan pewarna alami untuk mewarnai makanan yang kita buat :

1. Bahan Pewarna Alami Mempunyai Toleransi Warna
Bahan pewarna alami yang kita buat ternyata memiliki warna yang lebih lembut dan juga kalem jika dibandingkan dengan bahan pewarna makanan buatan loh. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penggunaan bahan pewarna yang kita gunakan. Jika Anda menggunakan bahan pewarna makana buatan, Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes saja untuk mendapatkan warna yang Anda kehendaki. Berbeda lagi jika Anda menggunakan bahan pewarna yang Anda buat sendiri, Anda harus menambahkan lebih banyak bahan pewarna tersebut. Selain itu Anda juga dapat mendapatkan tingkatan warna gradasi yang Anda inginkan.

2. Tektur Serta Rasa Masakan Lebih Enak
Karena kita memberi warna makanan dengan menggunakan bahan makan juga, maka bisa dipastikan Anda semakin menambahkan bahan pewarna makanan alami tersebut, maka makanan Anda akan terasa semakin enak. Seperti makanan yang di bumbui, semakin banyak bumbu semakin enak rasanya. Namun juga jangan sampai Anda terlalu banyak menggunakan bahan pewarna alami, jika sampai hal tersebut terjadi, mungkin makanan yang Anda buat malah menjadi tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

3. Menambahkan Bubuk Sayur
Apabila Anda menghendaki warna makanan yang lebih tajam, Anda dapat memanfaatkan pewarna alami dari bahan makanan yang telah dirubah menjadi butiran bubuk. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan makanan untuk mendapatkan warna makanan hingga warna yang Anda inginkan itu terwujud.

Berikut beberapa bahan makanan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan berbagai macam warna :

  • Hijau : Bubuk Sayur Bayam
  • Coklat : Kopi Instan
  • Merah : Jus Buah Delima
  • Pink ; Jus Buah Cramberry
  • Kuning : Bubuk Kunyit
  • Biru : Jus Blueberry
  • Ungu : Jus Anggur
  • Orange : Jus Wortel