Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Minyak kelapa yang baik adalah yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini bertujuan agar kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tidak rusak. Oleh karena itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan.

Minyak kelapa dikatakan dapat bermanfaat bagi kecantikan. Di antaranya untuk mengobati jerawat. Mengobati infeksi berupa jerawat tidak harus selalu menggunakan obat berbahan kimia, tapi bisa juga dengan VCO. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa diduga kuat efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Oleh karena itu, laurat dapat menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat. Tentunya, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit dan memperhatikan asupan makanan.

Selain untuk merawat jerawat, asam laurat dalam minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembap. Tidak hanya untuk kulit yang sehat, minyak kelapa juga dapat digunakan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis. Efek antibakterinya diduga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini.

Minyak kelapa dapat dibuat sendiri di rumah atau dibeli di pasaran. Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, bila Anda ingin menggunakan minyak kelapa untuk konsumsi, sebaiknya batasi takarannya karena masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Terlebih, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung atau kadar kolesterol tinggi, sebaiknya batasi asupan lemak jenuh.