LG Optimus 4X Smartphone

LG Optimus 4X memang bukanlah ponsel quad core pertama yang mendarat di Indonesia. Sebelumnya sudah ada HTC One X dan Samsung Galaxy S III dengan spesifikasi dan fitur yang nyaris serupa. maka LG harus berusaha semaksimal mungkin mengemas Optimus 4X agar bisa tampil beda dan menarik perhatian. Mulai dari desain, fitur, tampilan antara muka, daya tahan baterai, hingga harga yang dibanderol lebih murah.

Bahan dasar yang digunakan sebagian besar adalah plastik, tanpa ada embel-embel polycarbonat seperti Galaxy S III atau One X. Meski begitu ponsel ini tetap terasa mantab digenggam, entah karena efek bagian belakang yang dibuat bertekstur atau karena ketipisan produk ini.

Hanya ada dua tombol fisik di Optimus 4X, salah satunya tombol up and down di sebelah kiri ponsel. Penempatannya terlihat nyempil, karena berada di antara kedua baris lapisan chrome, tekturnya pun disesuikan dengan bodi ponsel sehingga terlihat sangat selaras.

Selain bisa dipakai untuk menaikan/menurunkan volume, tombol tersebut ternyata juga bisa difungsikan sebagai tombol shutter ketika menggunakan kamera. Cukup menarik dan fungsional.

Tombol lain yang bisa ditemukan pada Optimus 4X hanyalah tombol power di bagian atas. Seperti ponsel pada umumnya, tombol berfungsi untuk menonaktifkan ponsel atau bisa juga untuk mengunci layar.

Hal lain yang patut diperhitungkan pada Optimus 4X adalah kualitas layar. Smartphone ini memiliki ketajaman yang luar biasa. Optimus 4X mengusung layar True HD-IPS LCD 4,7 inchi, resolusi 1280 X 720 pixel, dengan tingkat kepadatan mencapai 312 ppi. Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga tak khawatir akan tergores. Setiap gambar atau teks ditampilkan dengan begitu detil tanpa ada efek warna yang berlebihan, apalagi saat dipakai untuk nonton film full HD

Sensor layar yang pakai Optimus 4X untuk mengenali sentuhan memang patut diacungkan jempol. Sangat responsif tanpa sediki pun terlihata gejala lag saat dipakai, ditampah lagi ponsel ini juga sudah mengusung prosesor 4 inti Nvidia Tegra 3.

Saat dipakai untuk berjelajah di internet dengan browser bawaan tidak pernah ada masalah, begitu juga saat memutar video resolusi tinggi dan bermain game kelas berat. Semua bisa dilahap dengan enteng.

Optimus 4X juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB, jadi berpindah dari satu aplikasi ke lainnya terasa mulus tanpa ada gejala terbebani. Tenaga ponsel ini juga semakin terasa saat diuji dengan aplikasi benchmark.

LG masih mempercayakan Optimus 4X dengan kamera 8 MP yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 3264 x 2448 pixel, lengkap dengan touch focus dan lampu LED untuk penerangan.

Soal kualitas yang dihasilkan juga terbilang mumpuni, baik di luar atau pun di dalam ruangannya hasil jepretannya masih terbilang layak dinikmati. Apalagi saat pengambilan gambar dengan modus macro.

Kualitas suara yang dihasilkan Optimus 4X juga termasuk kelas jempolan, khususnya ketika digunakan untuk mendengarkan musik dengan headset. Tapi itu jika dipakai dengan speaker eksternal sih biasa saja, seperti kebanyakan smartphone lainnya.

Secara keseluruhan LG Optimus 4X memang cukup memikat, dengan berbagai fitur dan kelebihan yang diusungnya ponsel ini tampaknya semakin meramaikan persaingan smartphone quad core di Tanah Air yang kian panas.

Kelebihan:
+ Harga terjangkau
+ Layar bening
+ Nyaman dipakai
+ Baterai mumpuni

Kekurangan:
– Absen notifikasi LED
– Performa tidak sebaik pesaingnya

Spesifikasi Optimus 4X
Sistem operasi: Android ICSChipset: Nvidia Tegra 3Prosesor: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A9GPU: ULP GeForceMemori: RAM 1 GB, ROM 16 GB (12 GB yang bisa dipakai)Layar: True HD-IPS LCD, 4,7 inchi 720 x 1280 pixelKamera: 8 MP, 3264×2448 pixel, autofocus, LED flashBaterai: Li-Ion 2150 mAhDimensi: 132.4 x 68.1 x 8.9 mmBobot: 133 g