Kesalahan Pola Asuh Anak Harus Disadari Orang Tua

Orang tua terkadang tidak sadar telah melakukan kesalahan dalam pola pengasuhan anak. Padahal orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik pada anaknya.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan Reddit, Ada beberapa pola pengasuhan seharusnya diterapkan kepada anak.

Jangan Melindungi anak

Tugas orangtua memang harus melindungi anaknya, tapi jika sikap melindungi ini terlalu berlebihan, maka akan berakibat tidak baik. Memberikan kebebasan kepada anak untuk mencari dan memiliki sesuatu yang disukai itu akan lebih bagus.

Solusinya Orang tua hanya perlu mengawasi dari jarak tertentu, dan tidak perlu khawatir selagi anak tidak bersikap liar dan aneh.

Jangan Terlalu membantu dalam pekerjaan rumah

Jangan sampai orangtua menyesal karena terlalu membantu anak ketika melakukan pekerjaan rumah. Berikan mereka ruang untuk dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan usahanya sendiri.

Proses ini akan membantu anak untuk tidak terlalu bergantung pada bantuan orangtua. Anak akan terbiasa untuk berusaha dan berpikir dengan kemampuannya sendiri.

Jangan Melarang tanpa negosiasi

Penggunaan kata ‘tidak’ pada anak tidak boleh sewenang-wenang dilakukan orangtua. Sebaiknya orangtua lebih memberikan penjelasan dan inisiatif lain untuk sesuatu hal yang dikira tidak baik dilakukan anak-anak. Jangan langsung larang mereka tanpa ada alasan dan alternatif lain yang harus dilakukan

Ini memberikan anak-anak Anda kesempatan untuk mencoba untuk menghasilkan argumen yang logis, mereka merasa seperti memiliki masukan dalam hidup mereka, dan mereka lebih mungkin untuk datang kepada Anda, bukannya pergi di belakang punggung Anda.

Jangan Berdebat

Berdebat pandangan dengan anak merupakan hal wajar, tapi jika sudah masuk dalam ranah berdebat hingga saling berteriak, itu sangat tidak disarankan. Ketika anak membuat ulah, usahakan untuk orangtua menanggapinya dengan cara baik.

Hindari ucapan kasar dan teriakan untuk menghentikkan ulah anak. Dengan orangtua bisa memperlihatkan perliku baik, maka itu akan lebih mudah diterima dan akhirnya dapat dicontoh oleh anak.

Tidak mendengarkan ketika anak berbicara

Meski orangtua memiliki usia yang lebih dari anak, bukan berarti menganggap ucapan anak tidak penting. Lakukan dialog dalam segala sesuatu, dan minta pandangan dan pendapat anak.

Dengan mendengarkan segala ucapan anak, orangtua melakukan proses pendekatan secara tidak langsung. Anak akan merasa dihargai, dan orangtua dapat memahami pola pikir dari anak.