Kenalan dengan Fitur Unik Android Marshmallow

Google secara resmi telah mengumumkan sistem operasi Android M dengan nama Android Marshmallow yang masuk ke dalam versi 6.0, menggantikan versi sebelumnya yaitu Android Lollipop.

Banyak pecinta Android yang tak sabar ingin menjajalnya. Namun sayang, Android M Developer Preview 3 yang dirilis Google hanya bisa diinstal di perangkat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player.

Ada sejumlah fitur baru yang kiranya akan dinikmati pengguna. Beberapa diantaranya adalah modus Doze untuk memperkecil konsumsi daya baterai ketika perangkat dalam kondisi stand by, fitur System UI Tuner yang dapat diaktifkan dengan cara menarik jendela notifkasi, dan lain sebagainya.

New RAM Manager
Di Android Marshmallow, secara manual Anda dapat mengatur jumlah RAM yang tersedia untuk smartphone atau tablet. Caranya, pilih Settings, lalu ketuk Apps, pilh Advanced dan kemudian Memory.

Setelah itu Anda akan langsung melihat memory management tool baru untuk memaksa menghentikan aplikasi yang tak diinginkan untuk memperoleh lebih banyak kapasitas memori.

Dual Band Hotspot Tethering
Fitur Hotspot Android kini ditingkatkan menjadi dual band, dengan pilihan jaringan 2.4GHz dan 5GHz (tergantung pada hardware yang digunakan).

Jika bisa menjalankan jaringan 5GHz dengan smartphone Anda, akan tampil pilihan ketika mengkonfigurasi Hotspot. Setelah itu tinggal pilih 5GHz di bagian ‘Config AP Band’. Mudah bukan?

Uninstall Aplikasi dari Launcher
Dengan Android M, Anda dapat menghapus aplikasi langsung dari layar utama launcherGoogle Now dengan men-drag mereka ke atas/kanan layar. Cara ini sangat sederhana dan mudah.

Quick Scroll Secara Vertikal
Android M memiliki Drawer Aplikasi dengan mode scroll secara vertikal, tidak seperti yang ditemukan di Lollipop. Jadi jika Anda memiliki banyak aplikasi, semua dengan cepat bisa di-scroll ke atas-bawah.

Anda dapat dengan cepat menggulir aplikasi menggunakan huruf yang muncul di sisi kiri layar. Hanya dengan menekan dan tahan beberapa detik, Anda dapat meggulir aplikasi secara vertikal ke atas dan ke bawah untuk menemukan aplikasi favorit Anda.

Volume Ringtone, Musik dan Alarm
Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika mengatur volume smartphone dengan level tinggi, Anda akan mendengar panggilan telepon dengan suara tinggi pula sehingga membuat telinga terasa pengang.

Dengan Android M, Anda bisa mengatur volume untuk situasi yang berbeda secara mandiri. Cukup tekan tanda panah ke atas ketika kontrol volume muncul di layar untuk melihat slider tambahan.

Leave a Comment