Kebanyakan Minum Energy Drink Membuat Depresi

Sering mengkonsumsi energy drink atau minuman berenergi ternyata mampu berdampak pada kesehatan mental.Demikian menurut sebuah studi yang telah meneliti 8.200 remaja di Sekolah Menengah Atas Atlantic Canada yang terbiasa mengkonsumsi minuman dengan kadar kafein tinggi.

Dua pertiga dari mereka mengaku rutin mengkonsumsi minuman tersebut. bahkan Satu dari lima murid mengkonsumsinya satu atau lebih dalam satu bulan.Dalam survei itu juga terlihat bahwa para remaja cenderung lebih sering mengkonsumsi minuman ini dibandingkan orang dewasa.

“Kami menemukan hasil menarik yaitu semakin sering mengkonsumsi minuman tersebut, semakin tinggi risiko mereka mengalami depresi dan ketergantungan minum minuman itu. Mirip dengan alkohol dan mariyuana,” ucap Sunday Azagba, seorang peneliti dari Propel Centre for Population Health Impact di University of Waterloo di barat daya Ontario.

Tak hanya depresi, mereka yang sering mengkonsumsi minuman berenergi juga ternyata berisiko berperilaku tidak normal seperti terlalu aktif dan mencari perhatian.

Efek sementara yang diberikan minuman energi seperti meningkatkan konsentrasi, mood dan energi fisik,” jelas Azagba. Namun konsumsi yang berlebihan mampu berdampak pada kesehatan kardiovaskular juga menyebabkan sulit tidur,kecemasan dan sebagainya.

Masih mau minuman energi?

Leave a Comment