Kamera Mirrorless Samsung NX1 Baru Lebih Canggih

Pertama diperkenalkan dalam pameran Photokina, di Jerman tahun 2014 lalu, Samsung Electronic februari 2015 resmi hadirkan kamera mirrorless terbarunya Smart Camera NX1 dengan 28.2 megapixel APS-C BSI-CMOS sensor. Peluncuran Smart Camera NX1 mengambil momen di acara Samsung Forum 2015 yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Seri terbaru dari rangkaian kamera mirrorless Samsung ini menawarkan beberapa teknologi baru, baik dalam aspek fasilitas, fungsionalitas, dan konektivitasnya. NX1 dirancang sebagai kamera premium, menawarkan teknologi dan kapabilitas yang telah ditingkatkan dari seri NX sebelumnya.

Samsung NX1 mampu menangkap momen dalam kecepatan 15 FPS Continuous Shooting dengan feature AF berkat dukungan teknologi High Speed Imaging Engine DRIMe V. Selain itu, NX1 juga dapat menghasilkan gambar tajam dan fokus berkat adanya titik-titik 205 P.D AF yang memenuhi seluruh area layar, baik horizontal atau vertikal.

Peningkatan kualitas gambar selalu menjadi prioritas utama Samsung dalam mengembangkan kamera terbaru. Samsung NX1 mampu menghasilkan hasil foto dengan noise rendah meski dioperasikan dengan ISO tinggi. Kualitas foto yang tetap baik ini dimungkinkan berkat dukungan Adaptive Noise Reduction Technology.

Selain foto, NX1 yang sanggup merekam video hingga kualitas 4K (4096×2160 pixels, 24 FPS) ini juga telah menghadirkan dukungan pada format video MP4 dengan standar video compression terbaru, yakni HEVC (High Efficiency Video Coding) H.265 coding.

Karakter premium bodi pun dihadirkan Samsung dengan menerapkan rangka berbahan magnesium alloy agar NX1 memiliki struktur yang berdaya tahan tinggi tapi tetap ringan. Samsung NX1 juga dilengkapi dengan vertical grip yang biasanya diterapkan pada kamera DSLR.

Fasilitas connectivity juga tidak lepas dari garapan Samsung dengan hadirnya dukungan Bluetooth dan Wi-Fi IEEE 802.11ac (80 Mbps). Koneksi nirkabel ini membuat kamera NX1 lebih mudah dihubungkan dengan berbagai perangkat canggih lain, seperti notebook, tablet, smartphone, atau printer. Pengguna pun bisa berbagi foto/gambar di social media atau berkolaborasi dengan pengguna lainnya.

Rencananya, Samsung NX1 akan hadir di pasar Indonesia sekitar awal Maret 2015. Meskipun Samsung belum menetapkan harga pastinya, kamera mirroless ini diperkirakan akan dibanderol pada kisaran harga US$ 1500 (body only).

Leave a Comment