Galaxy Note 3 Salah Satu Inovasi Samsung

Samsung punya andalan lain di segmen smartphone premium selain Galaxy S5. Apalagi kalau bukan Galaxy Note yang kini sudah dirilis seri ketiganya. Galaxy Note 3 memiliki spesifikasi paling tinggi, setara dengan  Galaxy S5.  Memang seri Galaxy Note sedikit banyak mengangkat posisi Samsung sebagai inovator.

Galaxy Note boleh dibilang phablet pertama yang mampu menuai popularitas, terbukti sekarang banyak vendor lain juga merilis phablet. Samsung melengkapinya dengan sebuah stylus, yang tidak sekadar gaya namun memang canggih.

Jika diamati dengan lebih seksama, maka ketahuan casing belakang Note 3 terbuat dari plastik. Namun desain kulit imitasi itu mampu memunculkan kesan elegan dan terasa solid.

Di sekeliling bodinya, Galaxy Note 3 dibekali tombol on/off, volume, colokan headphone dan tentu saja colokan charger. Di sudut bodi bagian kanan, ada ruang untuk memasukkan stylus S Pen.

Secara keseluruhan, Galaxy Note 3 terlihat elegan meski mungkin sebagian pihak merasa material plastik kurang kesan premium. Note 3 berukuran besar, namun masih cukup nyaman dalam genggaman.

Note 3 mengandalkan layar seluas 5,7 inch dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixel. Teknologi yang digunakannya adalah Super Amoled yang sudah dipakai Samsung bertahun tahun. Kepadatan pixelnya 386ppi (pixel per inch).

Seperti umumnya smartphone papan atas, kualitas layar memang tidak perlu disangsikan lagi. Layar Galaxy Note 3 pun tampak jernih dan lumayan jelas meski dioperasikan di bawah sinar matahari. Namun dengan catatan, setting brightness dimaksimalkan.

Terlebih dengan ukuran besar, melihat konten di Note 3 terasa memuaskan. Melihat film pun terasa nyaman dan tidak melelahkan di mata.

Sistem operasi Android versi 4.3 Jelly Bean menjadi OS Galaxy Note 3. Dan hampir dapat dipastikan handset bongsor ini mendapat update Android KitKat.

Aplikasi familiar buatan Samsung seperti S Voice, S Planer dan yang terbaru aplikasi kesehatan berjuluk S Health tidak ketinggalan dihadirkan. Beberapa aplikasi dioptimalkan untuk digunakan dengan stylus S Pen.

Galaxy Note 3 boleh dibilang sebagai bintang di antara jajaran handset Android Samsung dalam soal spesifikasi. Ia menjadi ponsel pertama yang memiliki RAM 3GB.

Note 3 sebenarnya terdiri dari versi CPU yaitu quad core 2,3 GHz Snapdragon 800 (model LTE) dan versi Exynos 5420 yang terdiri dari empat inti Cortex A15 1,9 GHz dan empat inti Corte A7 1,3GHz.

Semua tugas umum sebuah smartphone seperti membuka aplikasi, menggeser halaman, membuka kamera, mengakses foto dan video, dapat dilakukan dengan cepat tanpa kendala. Di berbagai aplikasi benchmark, Note 3 mampu mencetak skor yang bagus. Yang menggambarkan performanya memang di atas rata-rata.

Baterai Note 3 yang berkapasitas sebesar 3.200 mAh bisa diandalkan dan mampu bertahan hidup sampai sekitar 8 jam dalam pemakaian yang cukup sering.

Stylus S Pen di Galaxy Note 3 lebih canggih ketimbang Note 2. Sekarang, pengguna dapat mengakses fungsi-fungsi utama cukup dengan mendekatkan stylus di bagian layar manapun.

Galaxy Note 3 pun dibekali dengan kamera resolusi tinggi. Yaitu sebesar 13 megapixel, sama dengan deretan berbagai smartphone kelas atas masa kini. Kualitasnya pun bagus untuk mengabadikan momen.

Kemampuan lain dari Galaxy Note 3 versi LTE ini adalah mampu merekam video dengan kualitas setara 4K atau ultra HD. Fitur tak kalah menarik adalah kamera ini mampu merekam video dengan format 30 fps.

Leave a Comment