Evoque Desain Sporty Mampu Taklukkan Jalur Offroad

Evoque merupakan desain terbaik dari Land Rover yang identik sebagai salah satu produsen SUV terbaik. Biasanya mobil desain  Land Rover cenderung kaku tapi Evoque menjadi sebuah konsep dinamis dan elegan dari sisi tampilan. Evoque merupakan di desain oleh Victoria Beckham terlihat begitu dinamis dan diklaim paling hemat bahan bakar dibanding model Range  Rover lainnya.

Range Rover Evoque 2014 dengan transmisi otomatis 9 speed baru. Membantu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 11.4 persen dan mengurangi emisi CO2 hingga 10 persen.

Gearbox ZF9HP adalah salah satu gearbox otomotif pertama yang memiliki 9 percepatan. Perusahaan engineering mengatakan shift times di bawah ambang persepsi. Anda tidak harus peduli dengan daya tahan gearbox tersebut, karena dua gigi pertama telah dirancang menjadi sangat kuat agar dapat bertahan saat offroad.

Range-Rover-Evoque-Interior

Mesin 2.2 liter dieselnya kini berkembang menjadi 2 versi, masing-masing bertenaga 150 PS dan 190 PS, atau anda dapat memilih mesin 2 liter bensin turbo bertenaga 240 PS..

Selain transmisi baru, Evoque kini menawarkan Active Driveline four-wheel drive on-demand system, yang memungkinkan mobil berjalan dengan hanya menggunakan FWD pada kecepatan hingga 35 km/jam. dan secara otomomatis beralih menjadi 4WD atau lebih tepatnya AWD (all Whell Drive).

AWD Evoque dilengkapi dengan Torque Vectoring by Braking system sebagai standarnya, sistem ini dapat menarik roda bagian dalam untuk memungkinkan anda melalui belokan lebih tajam. Mini SUV ini juga mendapat sensor wade, mirip dengan yang ada di Range Rover Sport baru.

Hadirnya Evoque sebagai anggota keluarga baru Land Rover memang cukup mengesankan. Apalagi dari sisi desain, Evoque merupakan penggabungan konsep sporty, dinamis, serta cukup kental dengan aroma elegan yang membalut diseluruh eksterior dan interiornya.

Range-Rover-Evoque-600

Semenjak kehadirannya, Range Rover Evoque telah menyita banyak perhatian dari berbagai kalangan. Terlebih para penggemar varian Range Rover yang sudah jauh hari menanti mobil SUV mewah ini.  Performa eksterior Evoque tampil semakin eksklusif dan menawan berkat velg berdiameter 19”. Untuk velg,  Evoque juga memberikan pilihan motif yang sesuai dengan selera Anda. Desain front lamp yang cenderung sipit memunculkan karakter elegan sang Evoque. Sedang untuk interior, Land Rover melapisi seluruh panel, jok, serta dashboardnya dengan leather dua warna yang apik.

Untuk peranti keamanan Land Rover membekali Evoque dengan fitur keamanan standar seperti ABS, EBD, stability control, 7 buah airbag, serta seatbelt reminders dan front seatbelt pretensioners.

Beberapa varian sengaja ditawakan oleh Range Rover Evoque guna memanjakan keinginan serta selera para penggemarnya. Ya, tampilnya Evoque sangat mewakili segmen industri otomotif premium yang selalu ingin tampil berbeda dan sesuai selera (customized). Karena Evoque diciptakan memang untuk memanjakan gaya, selera, serta kebutuhan penggunanya.

Evoque tersedia dalam 2 versi, yaitu 3 pintu (coupe) dan 5 pintu. Untuk Evoque 5 pintu juga di tawarkan dalam 3 varian Pure, Prestige, dan Dynamic. Sedangkan untuk versi 5 pintu, Evoque ditawarkan dalam varian Pure dan Dynamic bertransmisi manual ataupun otomatis. Bahkan Land Rover meluncurkan edisi spesial Victoria Beckham yang juga sebagai Brand Ambassador Range Rover Evoque.

Meski dari sisi penampilan Evoque banyak dipuji namun tak jarang pula yang meragukan kemampuannya bermanuver di medan terjal. Alhasil banyak yang menyandingkan klan terbaru dari Land Rover ini dengan beberapa pendahulunya. Akan tetapi keraguan tersebut ditampik pihak Land Rover, dan mengklaim bahwa Evoque memiliki kemampuan off-road yang patut disejajarkan dengan Land Rover LR2.

Terlebih Evoque telah dilengkapi fitur pengendaraan dengan mode Mud & Ruts, General Driving, Sand, serta Grass/Gravel/Snow. Sistem Adaptive Dynamic membuat kemampuan off-road Evoque lebih unggul. Sistem ini memberikan keseimbangan pengendaraan dengan handling yang makin terkontrol.

Mengusung mesin 4-silinder segaris, Evoque menawarkan 2 jenis tipe mesin berkapasitas 2.000 cc (bensin) dan 2.200 cc (diesel). Dahsyatnya tenaga yang dihasilkan oleh torsi maksimumnya sanggup menyalurkan hentakan responsif dari transmisi 6 percepatan hingga 240 hp. Torsi maksimum yang dimiliki Evoque merupakan yang terbesar di kelasnya, mengalahkan Volkswagen 2.0 TFSI dan Audi Q3. Akselerasi 0-100 km/jam bahkan mampu digapai Evoque dalam waktu 7,1 detik saja.

Walaupun memiliki tenaga yang responsif, mobil ini juga dikenal sebagai kendaraan ramah lingkungan karena kemampuannya mengefisienkan konsumsi bahan bakar dan karbondioksida yang dikeluarkan dari sisa pembakarannya. Tingkat emisi CO2 tidak lebih dari 135 gram per kilometer.

I Love Evoque.

Leave a Comment