Dodge Journey Review

Dodge Journey SXT kenikmatan dan kenyamanan kendaraan yang mengusung konsep FLC (Family Luxury Crossover) berkapasitas 7-Seate yang diluncurkan di Jakarta pada 7 February 2013 yang lalu.

Menurut PT.Garansindo bahwa kendaraan Dodge ini diharapkan akan menjadi ikon baru dunia mobil keluarga Indonesia yang lebih berkelas dan bergaya Amerika, pasalnya pabrikan mobil ini memang asal Amerika Serikat yang disebut dengan istilah Family Luxury Crossover (FLC).

Dodge adalah mobil crossover ideal untuk semua anggota keluarga. Segmentasi ini juga untuk memurnikan kembali makna sesungguhnya dari crossover, yang akhir-akhir ini mulai bias di Tanah Air. Sebagai Crossover sejati, Dodge Journey memiliki utilitas MPV dan body style SUV.

Kehadiran Dodge Journey Family Luxury Crossover (FLC) di Tanah Air menambah variasi pilihan konsumen di segmen MPV SUV di kelas premium untuk kendaraan keluarga Indonesia. Di Amerika sendiri, Dodge Journey ini telah menjadi crossover yang terlaris dan terbaik, khususnya di kalangan keluarga muda.

PT Garansindo Inter Global menghadirkan tiga varian Dodge Journey 2013 FLC ke Indonesia, antara lain Dodge Journey SXT (head unit 4.3 inchi), Dodge Journey SXT Luxury (head unit 8.4 inchi), dan Dodge Journey SXT Platinum (dua monitor: 8.4 inchi pada dashboard dan 9 inchi pada plafon tengah + navigasi).

Beberapa perbedaan visual yang dapat dijumpai pada Dodge Journey terbaru ini adalah pada emblem grille depan. Semua varian dilengkapi aksen dua garis merah (Red Stripe) dimana sebelumnya emblem ini hanya untuk tipe Luxury dan Platinum. Lalu motif velg, sebelumnya berdesain palang lima, tapi tahun 2013 ini menjadi motif akar.

Dengan perubahan tampilan ini, Dodge Journey 2013 FLC tampil lebih dinamis. Tidak ketinggalan bagian handle pintu dan roof rail dengan aksen chrome untuk tipe SXT Platinum yang membuat tampilan mobil ini lebih keren.

Saat menjajal Dodge Journey SXT Platinum ke arah tol Sentul Bogor, kemudian menuju kawasan pabrik Citeureup Bogor, hingga melewati jalan rusak berdebu yang belum selesai di aspal. Di saat melintas rutel tol Jogorawi dan tol TB Simatupang, kami sempat melihat speedometer pada kisaran 140 km/jam, sementara saat itu kendaraan terasa tenang, seperti tidak merasakan pada kecepatan tinggi.

Tak heran laju Dodge Journey ini begitu halus di jalan tol maupun di jalan rusak sekalipun. Pasalnya mobil ini dibekali dengan 2.4L DOHC VVT (Variable Valve Timing) yang akan mengatur besar kecilnya volume bahan bakar di ruang kompresi, membuat mobil ini memiliki daya efisiensi tinggi. Tenaga mesinnnya lumayan besar, mengusung tenaga 173 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan memiliki torsi 225 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Saat melintas dijalan rusak terasa begitu nyaman, dan handling kemudi Dodge Journey SXR Platinum terasa ringan dan mudah. Yang lebih penting dapat merasakan kelembutan di kondisi jalan rusak, karena setiap kami melintas jalan kasar (bebatuan keras), bergelombang ataupun jalan penuh lubang ternyata piranti suspensinya bekerja dengan baik.

Pada suspensi depan terpasang piranti independent MacPherson strut, pegas spiral, dengan coil spring over gas-charged shock absorbers, dan adanya stabilizer bar dengan isolated suspension cradle. Sedangkan pada suspensi bagian belakang, mengunakan piranti rear multi-link independent dengan coil springs, juga terpasang link-type stabilizer bar, dan gas-charged shock absorbers, dan adanya stabilizer bar dengan isolated suspension cradle.

Kelembutan di jalan bukan hanya karena suspensinya yang bekerja dengan baik, tapi juga didukung dengan piranti pengereman yang mantap. Dalam berbagai kondisi, kami sering mencoba pijakan rem mendadak, atau injak pedal rem secara spontan dalam-dalam.

Alhasil Dodge Journey SXT ini tetap enak dan nyaman karena adanya piranti penghenti laju kendaraan seperti ukuran kaliper piston yang disesuaikan dengan brake swapt piringan rem cakram yang kini lebih lebar. Dua caliper di depan dan single caliper di belakang. Belum lagi ratio kemudi juga ikut dirubah, demi menaikan akurasi handling saat mengemudi.

Kami merasakan bahwa mobil ini punya bodi tergolong besar (panjang 4.888 mm; lebar 1.878 mm; tinggi 1.745 mm; wheel base 2.890 mm). Maka ketika berputar mau berbalik arah, SL.com semula mengambil ancang-ancang dengan mengambil jalan melebar. Oops.. ternyata radius putar Dodge Journey hanya 12.1 meter, dan radius putar ini bisa dibilang tergolong kecil. Steeringnya ringan, sangat memudahkan SL.com memutar kemudi yang dilapisi kulit dengan putaran yang cepat dan santai.

Pada bagian interior pengemudi, Dodge Journey 2013 FLC benar-benar dimanjakan lewat piranti “meter cluster” yang lengkap, di desain atraktif dan dilengkapi dengan back-lit meters yang memberikan tampilan mewah serta mudah dibaca pada mobil dikendarai. Dilengkapi penerangan lampu kabin LED dan sorot lampu kabin yang dapat diarahkan (aimable).

Kenyamanan Dodge Journey SXT Platinum dilengkapi dengan fitur unik yang disebut “Uconnect”. Fitur ini sanggup membuat pairing b0lueetooth untuk 7 ponsel berbeda, Kemudian memiliki voice command yang bisa mendeteksi 200 dialek dan 5-bahasa. Fitur ini dapat memainkan fitur hiburan CD/MP3/ Radio dan DVD. Penumpang dengan mudah dapat memainkan fitur bluetooth ini ke smartphone-nya, dan segala jenis musik kesukaannya di pilih dengan mudah dari smartphone.

SXT Platinum dilengkapi dengan dua monitor 8.4 inchi pada dashboard dan 9 inchi pada plafon tengah + navigasi. Alat ini juga berfungsi sebagai pengatur AC multi-zone. Sementara untuk penunjang kualitas audio, di kedua head unit tersebut terpasang Alpine ® Premium Sound, dengan 6-speaker dan 1-sound processor terintegrasi dalam ampilifier. Wah.. ini benar-benar mantap, Dodge Journey ini memiliki kenyamanan dan kemewahan mobil premium.

Bagusnya sistem audio yang dapat dikendalikan lewat kemudi (steering), yaitu untuk mengatur volume, track lagu, frekuensi radio dan sound mode controls. Di antara dua cluster terdapat EVIL (Electronic Vehicle Information Center), dengan menu tampilan atraktif guna membantu pengemudi memantau kondisi mobil termasuk tekanan angin ban (tire pressure monitoring), radiator, suhu transmisi, tekanan oli, dan lainnya.

Untuk setiap penumpang baris kedua dan ketiga memiliki akses kedalam kabin mobil yang sangat mudah. Pertama Dodge Journe SXT ini memiliki sudut bukaan pintu tengah yang mencapai 90 derajat (sangat lebar), kedua memiliki tuas satu aksi untuk melipat dan menggeser kursi baris kedua. Pada kursi baris kedua ini tersedia kursi extra untuk anak kecil yang dapat diangkat secara otomatis. Pada pintu belakang mencapai 220 derajat, dengan sudut yang lebar ini maka orang dengan tinggi 170 cm keatas, tidak perlu membungkuk saat akses ke kabin.

Selain itu, sebagai mobil berpenumpang 7 orang juga memiliki leg room dan head room yang luas. Volume bagasinya sanggup menampung 784 Liter (dalam keada0an kursi tegak), 1.461 Liter (dibelakang baris kedua saat kursi ketiga terlipat) dan 1.962 liter (semua kursi terlipat). Ukuran ini merupakan diatas rata-rata family crossover dikelasnya. Hanya saja bagi orang dewasa, duduk di baris ketiga sangat sempit (rekomendasi kursin di baris ketiga hanya untuk anak kecil).

Bicara soal safety, semua varian Dodge Journey 2013 FLC sudah dilengkapi fitur-fitur seperti Active Head Restraints, Driver’s Side Inflatable Knee Blocker dan LATCH child seat anchors (dudukan kursi balita). ESP (Electronic Stability Control plus Traction Control), ABS, EBD + Brake Assist yang aktif di kecepatan. Fitur-fitur ini begitu canggih dan sarat dengan teknologi keamanan kendaraan masa kini.

Kemudian dilengkapi dengan 9 (sembilan) titik airbag di bagian pengemudi, penumpang depan, sisi lutut pengemudi, side-curtain airbags untuk setiap baris kursi penumpang. Menurut referensi Dodge, disebutkan bahwa Dodge Journey memiliki lebih dari 50 standard keselamatan. Dimulai dari rancangan body, dimana setiap lekuk dan titik sambungannya sesuai standard institusi keselamatan jalan raya Amerika (2011 Insurance Institute For Highway Safety America).

Singkat cerita dari pengalaman mereka yang sudah merasakan langsung Dodge Journey SXT Platinum dapat dikatakan sangat puas, kendaraan 7 penumpang ini benar-benar sesuai dengan selera keluarga. Tak heran jika harga Family Luxury Crossover SXT Platinum ini dipatok dengan harga Rp. 565 juta (Off The Road Jakarta).

Sebagai catatan, kelebihan Dodge Journey SXT Platinum dibandingkan dengan tipe Luxury dan SXT adalah memiliki piranti khusus berupa jok kulit, doortrim kulit, Unonnect Touh 8.4 Media Center, Uconnect Voice Command, Alpine Premium Sound System 6-Speaker, Kamera pantau mundur, GPS Navigasi, 9-inch DVD Roof Monitor, Leather Seats, Velg 19-inchi alumunium Satin Karbon, dan perlengkapan standard Keyless Entry, dan Electric Power Sunroof.

Leave a Comment