Cara Menguji Bakso Mengandung Boraks Mudah

Boraks bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan makanan. Boraks dapat membuat makanan menjadi tahan lama tetapi kandungan kimianya berbahaya bagi tubuh manusia bahkan menyebabkan kematian. Kebanyakan bakso dicampur boraks.

Namun masih banyak pengusaha kuliner  yang masih memanfaatkan borak untuk memperoleh keuntungan yang besar. Mereka beralasan penggunaan borak dengan tujuan menghilangkan kerugian bila makanan mereka tidak habis terjual. Padahal borak sendiri lazimnya digunakan sebagai bahan tekstil.

Penggunaan Boraks Pada Bakso
Masih banyak pedagang bakso yang menambahkan adonan baksonya dengan borak. Alasannya karena ingin bakso yang dibuat dapat awet. Tentu ha ini merugikan konsumen bakso. Nah tentunya kita sebagai pecinta bakso tidak ingin dirugikan oleh oknum pedagang bakso yang menggunakan borak dalam baksonya. Sekarang pertanyaannya bagaimana kita bisa mengetahui bila dalam bakso yang akan kita konsumsi itu bebas dari boraks ?

Secara kasat mata kita sulit melihat perbedaan antara bakso yang tidak menggunakan boraks dan menggunakan boraks. Namun sebagai langkah antisipasi kita dapat melihat ciri-ciri bakso yang menggunakn boraks sebagai berikut :

  1. Warna
    Warna bakso yang menggukan boraks terang kekuningan. Namun dengan begitu ini memerlukan kejelian tinggi untuk bisa membedakannya.
  2. Aroma
    Aroma bakso yang menggunakan boraks biasanya cenderung berbau bahan kimia pada umumnya.
  3. Kekenyalan
    Bakso boraks akan memiliki tingkat kekenyalan seperti karet. Selain itu bakso boraks jika dimakan tidak mudah pecah di mulut.
  4. Rasa
    Rasa bakso yang menggunakan boraks cenderung pahit.

Dari keempat ciri-ciri bakso yang menggunakan boraks diatas semuanya memerlukan kejelian yang tinggi dan waktu. Terkadang sebagai konsumen awam sangat sulit membedakannya terutama bila sudah tercampur didalam kuah bakso.

Cara Sederhana Menguji Boraks

Telah ditemukan cara mudah dan cepat menguji bakso yang mengandung borak yang dinamakan SIBODEC (Stick Of Borax Detector). Penemuan ini hebatnya ditemukan oleh ilmuwan muda asal Indonesia yang meraih 2 medali Emas di International Exhibition for Young Inventors (IEYI) pada tahun 2014.

Cara pengujiannya sangat mudah sekali hanya menggunakan tusuk gigi dan kunyit saja. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ambil tusuk gigi lalu tusukkan ke kunyit.
  2. Tusuk gigi yang sudah ditusukkan ke kunyit lalu tusukkan ke bakso lalu diamkan selama kurang lebih 5 detik. Setelah itu cabut tusuk giginya.
  3. Setelah itu akan terlihat hasilnya. Bila bakso menggunakan boraks maka warna tusuk gigi akan berubah menjadi merah. Hal ini bisa terjadi karena bahan kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia.

Jadi sekarang saatnya para pecinta bakso ada baiknya untuk terlebih daulu menguji bakso yang akan di konsumsi apakah mengandung bahan boraks atau tidak dengan cara sederhana diatas.