Cara Berhenti Merokok dari Mantan Perokok

Cara berhenti merokok dari mantan perokok adalah cara terbaik. Saat ini trend hidup tanpa rokok sudah semakin banyak dipilih orang yang paham keburukan rokok. Sesungguhnya rokok hanya identik dengan mereka yang kurang percaya diri dan mereka yang gagal dalam kehidupan.

Kalau kita perhatikan kebiasaan merokok masih dilakukan oleh kalangan bawah. karena pembatasan merokok di gedung dan tempat kerja yang ber AC sangat efektif menurunkan minat para kalangan atas untuk merokok.

Banyak perokok yang telah berhasil berhenti merokok. Ayo anda bisa! Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda hidup tanpa rokok.

Pahami alasan Anda untuk berhenti
Anda harus punya alasan kuat untuk berhenti merokok? alasan seperti “merokok tidak sehat” sangat klise dan tidak akan memberi anda kekuatan untuk berhenti. Anda butuh suatu alasan yang kuat, contohnya: ” Saya tidak ingin anak/istri/bayi saya kena racun asap rokok! karena anda mencintai mereka”. ya itu adalah alasan yang sangat bijaksana dan cermin pribadi bertanggung jawab.

Bila anda muslim ada alasan yang sangat kuat lagi yaitu ” rokok adalah haram” racun rokok itu membunuh anda. filter rokok pernah diungkap terbuat dari bahan mengandung babi. dan bila anda menghisap yang haram, maka doa dan ibadah anda akan tertolak.

Hadapi Perasaan Stres dengan Bijak
Salah satu alasan orang merokok karena stres. zat nikotin dalam rokok sepertinya membuat rasa nyaman dan rileks, padahal hanya sementara karena setelahnya membuat anda tambah depresi. perokok aktif itu kebanyakan labil karena efek nikotin.

Hindari kebiasaan yang memicu untuk merokok
Beberapa aktivitas tertentu dapat memicu keinginan untuk merokok. Misalnya, kebiasaan minum kopi di pagi hari sambil merokok. Jika Anda terbiasa melakukannya, cobalah mengganti kopi dengan teh selama beberapa minggu. Jika Anda terbiasa merokok setelah makan, cobalah mencari kegiatan lain untuk dilakukan setelah makan, misalnya menyikat gigi atau mengunyah permen karet bebas gula. intinya rubah kebiasaan anda dengan kebiasaan baru.

Bersihkan rumah dari Atribut Rokok
Buanglah semua atribut rokok seperti bungkus rokok, asbak, dan korek api lighter. Cuci semua baju pakaian yang berbau rokok, dan bersihkan karpet, gorden, dan perabotan lain yang dibuat dari kain yang dapat menyerap bau rokok. Gunakan pengharum dan penyegar ruangan untuk membantu Anda menghilangkan bau rokok di rumah anda, sebab bau rokok akan merangsang Anda untuk kembali merokok.

Ayo berolahraga!
Aktivitas fisik dapat mengurangi ketagihan terhadap rokok dan membantu mengatasi gejala putus nikotin. Ketika ingin merokok, segera alihkan energi Anda untuk berlari, berjalan cepat, bersepeda, atau bersepatu roda. Tak perlu olahraga yang berat, cukup yang intensitasnya sedang saja, misalnya mengajak hewan peliharaan Anda berkeliling lingkungan atau mencabut rumput liar di halaman rumah Anda. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan yang mungkin terjadi saat Anda berhenti merokok.

Beri hadiah atas prestasi mampu berhenti merokok
Uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok dapat mulai anda tabung. Berilah Hadiah diri Anda dengan membeli sesuatu yang Anda sukai dari uang yang Anda tabung tersebut. Dalam satu bulan ratusan ribu rupiah yang anda selamatkan dan dalam satu tahun anda berhenti rokok maka akan ada jutaan rupiah di tabungan anda. Dana ini cukup untuk membeli hadiah spesial yang anda idam-idamkan.

Pahami Manfaat kesehatan Tanpa Rokok
Dalam waktu singkat saja, berhenti merokok langsung memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Tekanan darah dan denyut jantung Anda akan membaik dalam waktu 20 menit setelah Anda berhenti merokok. Dalam waktu 1 hari, kadar oksigen dan karbon monoksida dalam darah Anda akan kembali normal, dan risiko penyakit jantung berkurang. Manfaat jangka panjang yang bisa Anda rasakan.vitalitas dan energi juga jauh meningkat bebas impotensi.

Ciptakan Komunitas Baru
Bersiaplah untuk mencari komunitas baru dalam pergaulan. Pengaruh orang disekitar anda lebih besar, daripada rasa ketagihan terhadap nikotin rokok itu sendiri. Mencari teman dan sahabat baru dalam komunitas sehat bebas rokok adalah cara terbaik. tinggalkan teman-teman perokok atau ajak teman para perokok untuk bersama-sama berhenti merokok.

Musuhi Semua hal berkaitan dengan Rokok
Ganti semua saluran TV yang ada iklan rokok. Anda tidak sudi menonton acara apapun yang disponsori rokok. Anda mendukung program anti rokok. Anda benci para perokok yang merokok di sembarang tempat. Anda nasehati anak-anak remaja perokok. Anda prihatin dan marah melihat remaja kecil berseragam sekolah sudah jadi perokok. akhirnya anda akan bebas dan anti dari rokok selamanya.

Coba dan coba lagi
Berhenti merokok mudah. tapi seringkali karena iseng atau karena tawaran sebatang rokok teman anda menjadi perokok lagi. tips bila terjerumus lagi segera stop total dan katakan “rokok adalah musuh saya selamanya”.