Cara Alami Hilangkan Stretch Mark

Guratan stretch mark pada sekitar perut dan lengan yang sangat mengganggu penampilan. Penyebabnya kenaikan dan penurunan berat badan dengan cepat. Peregangan kulit berlebihan yang cepat mengakibatkan kolagen terdistorsi dan tidak kembali ke bentuk aslinya.

Stretch mark merupakan salah satu masalah kulit yang ditakuti wanita juga pria. Stretch mark membuat  banyak orang menjadi kurang percaya diri.

Untuk menghilangkan stretch mark, tak sedikit orang yang mengeluarkan biaya yang besar. Berbagai treatment dilakukan oleh dokter kulit. Padahal, ada cara yang lebih murah yang dapat dilakukan dirumah untuk perawatan menghilangkan strech mark.

Bahan-bahan  alami bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark, sebagai berikut :

1. Jus lemon
Secara alami, jus lemon mengandung asam dan bersifat memutihkan. Sehingga, bahan ini bisa jadi obat paling efektif mengurangi dan menghilangkan stretch mark. Oleskan jus lemon ke kulit dengan gerakan melingkar lalu tunggu sepuluh menit agar jus meresap. Kemudian bilas dan ulangi cara ini beberapa kali.

2. Lidah buaya
Stretch mark menunjukkan bahwa kulit telah kehilangan elastisitas alaminya. Maka dari itu, dengan sifatnya yang mendinginkan, gel lidah buaya bisa mengembalikan elastisitas kulit sehingga bisa menyembuhkan stretch mark. Anda bisa menggosokkan langsung gel lidah buaya ke bagian stretch mark. Mencampurkan gel lidah buaya dengan vitamin E juga tak masalah.

3. Putih telur
Putih telur mengandung asam amino dan protein yang dikenal bisa menyembuhkan strestch mark. Kocok dua putih telur sampai sedikit agak kaku, lalu dengan menggunakan spons oleskan putih telur ke bagian stretch mark dan biarkan mengering. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan oleskan sedikit minyak zaitun untuk melembabkan daerah tersebut.

4. Minyak jarak
Di India, pasca melahirkan ibu akan dipijat menggunakan minyak jarak setelah itu dilanjutkan dengan mandi air hangat. Cara tradisional ini juga digunakan wanita modern untuk menghilangkan stretch mark, lho sebab minyak jarak bersifat melembabkan dan membantu menghilangkan keriput. Oleh karena itu, mengoleskan minyak jarak yang dilanjutkan dengan mandi air hangat bisa menghilangkan stretch mark.

Ada lagi ramuan paten untuk menghilangkan guratan  stretch mark yaitu kombinasi bubuk kopi dengan daun lidah buaya. Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut:

  • Campurkan bubuk kopi dengan air hangat. Atau Anda bisa menggunakan bubuk kopi yang telah digunakan untuk menyeduh kopi.
  • Campur bubuk kopi tersebut dengan lendir lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin C dan E, serta nutrisi lainnya yang dapat melembabkan kulit Anda dan memudarkan stretch mark.
  • Bubuhkan campuran bubuk kopi dan lidah buaya tersebut pada bagian stretch mark. Sebelumnya, Anda harus membersihkan bagian kulit yang memiliki stretch mark. Gunakan jari-jari Anda untuk menggosok-gosok secara lembut. Biarkan sekitar 20 menit.
  • Setelah itu bersihkan dengan menggunakan lap atau kain basah secara perlahan agar kulit tidak kasar.
  • Oleskan lotion pelembab satu atau dua kali sehari selama pengobatan dengan menggunakan bubuk kopi.
  • Ulangi penggunaan bubuk kopi setiap hari. Dalam 2 minggu Anda akan melihat stretch mark mulai memudar.

Tips ini didapat dari berbagai sumber. semoga bermanfaat.