Sebentar Lagi Semua Kaca Spion Diganti Kamera

Mungkin pernah mengalami saat berpapasan dijalan yang sempit maka kaca spion harus dilipat. atau pada saat hujan maka fungsi kaca spion sangat terbatas sehingga harus membuka kaca jendela dan menghapus bintik air langsung dengan tangan.

spion_kamera

Di amerika konsorsium beberapa merek mobil besar, seperti VW, Toyota, General Motors, dan Tesla, yang meminta regulator untuk memperbolehkan mobilnya menggunakan kamera sebagai pengganti spion.

Selain lebih fleksibel dari segi desain, fungsi kamera sebagai spion juga bisa mengurangi area tak terlihat (blind spot). Sebab, daya tangkap lebih luas, yang menjadi kelemahan spion selama ini.

Memang sebelumnya di Amerika Serikat Kamera belakang sudah ditetapkan akan menjadi perlengkapan standar mulai 2018, kini konsorsium kembali mengusulkan untuk mengeluarkan satu regulasi baru, yaitu mengganti fungsi kaca spion dengan kamera.

VW sudah mulai menggunakan teknologi ini pada mobil ultra-iritnya, XL1, tetapi tidak bisa dijual di AS karena tidak memenuhi standar keselamatan di negara itu. Karena lembaga Standar Keselamatan Kendaraan AS (FMVSS) masih mewajibkan semua mobil yang dipasarkan memiliki sepasang spion.

Merek lain, Tesla, juga sudah memperkenalkan Model X yang juga sudah menggunakan kamera sebagai pengganti kaca spion.

Honda juga sudah melengkapi Accord 2013 dengan sistem LaneWatch, yang tetap menyediakan spion. Namun, tetap dilengkapi dengan kamera yang berguna memantau adanya kendaraan lain yang masuk dalam blind spot dan menginformasikan kepada pengemudi.

Konsorsium pabrikan mobil Amerika tetap berharap regulator mau mengubah undang-undang baku soal kewajiban kaca spion yang masih  berlaku saat ini.

Leave a Comment