Tren Warna Mobil Selera Para Konsumen Otomotif

tren warna mobil 2015

Warna mobil terkadang dijadikan sebagai identitas bagi pemiliknya. Warna putih biasanya melambangkan bersih dan elegan, sedangkan warna perak terlihat praktis dan energik.

Setiap tahun, produsen otomotif selalu memantau tren warna apa yang akan digemari di tahun berikutnya. Hal ini tentu, agar produk yang mereka buat bisa dengan mudah laku terjual, dengan warna sebagai salah satu faktor pemikatnya.

Perusahaan cat terkenal asal Amerika Serikat, PPG, baru saja merilis tren warna . Dalam daftar ini, mereka melihat bahwa warna putih yang menjadi tren mulai 2012 masih akan dominan digunakan produsen otomotif.

Secara umum, warna putih mendominasi penggunaan warna cat dengan angka 28 persen di 2014 lalu, naik tiga persen dari tahun sebelumnya. Di urutan kedua ada warna hitam yang memperoleh porsi 18 persen, sedangkan abu-abu dan perak bersaing di urutan ketiga dengan jumlah masing-masing 13 persen.

Yang menarik adalah warna perak tampaknya akan semakin ditinggalkan, setelah sempat merajai tren warna otomotif hingga 2011 lalu.

Agar terlihat berbeda dan tidak monoton, produsen otomotif juga banyak menggunakan finishing unik seperti mika, aluminium, dan pigmen khusus untuk menghasilkan efek gradasi warna.

Untuk , PPG melihat bahwa putih masih menjadi dominan warna cat kendaraan beroda empat. Namun, beberapa warna unik yang juga menjadi tren di industri perhiasaan, fashion, dan furnitur seperti tembaga, oranye, dan cokelat akan semakin banyak digunakan juga di industri otomotif.

Berikut hasil riset PPG untuk tren warna di :

1. Putih masih akan banyak dipakai produsen otomotif sebagai warna standar produk mereka, diikuti warna hitam dan abu-abu.

2. Mobil model sport akan memakai warna merah, biru, dan hijau. Tiga warna ini menggusur warna abu-abu dan perak yang
sebelumnya banyak dipakai.

3. Mobil mewah tetap akan dilapisi dengan finishing bertema metalik dan pearl tri-coat.

4. Jenis-jenis cat baru yang memiliki tampilan kaya warna dan memberi efek warna yang dalam seperti tembaga dan bunga mawar keemasan mulai bernai diterapkan di beberapa model.

5. Warna cokelat akan dominan digunakan di model mobil berukuran menengah dan Sport Utility Vehicle atau SUV.

Leave a Comment