Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Gaya Hidup Sehat

Seringkali kita mengonsumsi makanan-makanan siap saji tanpa memperhatikan apakah kandungan dalam makanan tersebut berbahaya bagi tubuh kita atau tidak. Padahal, tidak jarang, bahan-bahan yang terkadang dalam makanan-makanan siap saji tersebut bersifat racun bagi tubuh kita. Alhasil, kita membuat ginjal kita yang bertugas menyaring racun-racun dari makanan yang kita konsumsi bekerja cukup keras. Jika terjadi secara berkelanjutan, kondisi ini akan merusak kesehatan ginjal kita.

kesehatan_ginjal

Berikut beberapa tips gaya hidup yang bisa kita ikuti supaya kita terhindar dari resiko gagal ginjal.

Tidak Merokok

Rokok adalah racun. Hal tersebut adalah fakta yang rahasia umum yang tidak bisa kita pungkiri dengan alasan apapun. Fakta ini bahkan telah tertulis pada kemasan rokok-rokok yang beredar di pasaran: Merokok Membunuhmu. Begitu jelasnya peringatan itu diberikan, namun tidak jarang kita mengabaikannya demi mengikuti gaya hidup yang sedang tren di kalangan muda-mudi. Rugi banget kan, Ladies? Daripada kita merusak tubuh kita dengan racun, alangkah baiknya jika kita mulai mengubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat dengan tidak merokok.

Mengontrol Glukosa dan Tekanan Darah

Kadar gula yang berlebih, selain dapat mengakibatkan penyakit diabetes, juga dapat meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal. Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari resiko gagal ginjal Anda harus benar-benar mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh Anda. Selain asupan gula, tekanan darah juga harus diperhatikan. Hindari makanan-makanan asin yang dapat meningkatkan tekanan darah pasalnya orang dengan hypertensi memiliki resiko gagal ginjal lebih tinggi dari pada orang dengan tekanan darah normal.

Olahraga Teratur

Menjaga badan tetap bugar dengan berolahraga secara teratur dapat menurunkan resiko terkena penyakit gagal ginjal. Selain itu, rutin berolahraga juga akan membuat tubuh kita lebih bugar dan imunitas kita bertambah, sehingga kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Cobalah terapkan tips ini mulai dari sekarang.