Tips Mengunyah Makanan Benar

Rata-rata orang menghabiskan hanya 23 menit setiap hari untuk mengunyah dan memakan makanan mereka. Hasil survei mengungkapkan 73% penderita masalah pencernaan karena mengunyah makanan dengan kurang baik.

Langkah-langkah untuk mengunyah makanan dengan baik adalah sebagai berikut langkah untuk memastikan bahwa Anda mengunyah makanan Anda dengan benar.

  1. Mengatur waktu untuk setiap kali makan. Pastikan bahwa makanan yang dikunyah benar untuk mengatur jumlah waktu untuk setiap makan. Setidaknya dengan menetapkan waktu, yakin waktu yang cukup untuk mengunyah makanan dengan benar.
  2. Dalam suasana santai. Cobalah untuk tidak makan di tempat-tempat yang penuh stres, diskusi hangat, atau musik keras jika bisa. Agar tidak makan buru-buru.
  3. Memakan potongan kecil. Dibandingkan dengan potongan makanan yang besar, potongan-potongan kecil makanan bisa dikunyah dengan lebih baik dan mudah. Enzim yang lebih efektif pada potongan yang kecil.
  4. Jangan makan dengan mulut penuh. Hindari menempatkan terlalu banyak makanan di mulut sekaligus, karena hal ini membuat lebih sulit untuk mengunyah makanan secara menyeluruh. Semakin kecil gigitan, semakin baik.
  5. Makan dilingkungan yang nyaman. Mengunyah makanan dengan menemukan lingkungan yang nyaman, lalu memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil maka dapat mengunyah setiap suapan makanan secara sempurna dan nyaman.
  6. Jumlah makanan yang dikunyah. Menurut para ahli di Ohio State University, harus mengunyah makanan lebih lembut 5-10 kali, dan makanan keras sampai 30 kali sebelum menelannya. Meski berapa lama harus mengunyah makanan tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Jumlah tersebut dapat bervariasi dengan setiap orang. Ukuran, jenis kelamin, usia dan faktor lainnya semua bisa berkontribusi untuk produksi air liur dan kemampuan Anda.
  7. Untuk tahu sudah cukup mengunyah. jika kita dapat memberitahu apa jenis makanan yang kita makan di mulut (bukan rasa), maka belum cukup untuk mengunyah. Sebagai contoh, misal mengunyah sayur dan lidah merasa ada tangkai dan bisa mengatakan bahwa itu masih tangkai atau berarti belum cukup mengunyah.
  8. Minum air yang cukup sebelumnya. Selalu minum air yang cukup untuk meningkatkan produksi air liur, karena hal ini membantu dalam proses pencernaan.
  9. Tetap mengunyah meskipun makan makanan semi cair. makanan semi-cair, misalnya yogurt, lebih baik jika diperlakukan seperti makanan yang lebih padat. perlu mengunyah sedikit demi sedikit, penting untuk mendapatkan enzim dariair liur. Hal ini hanya terjadi melalui mengunyah.
  10. Makan perlu fokus. Jangan makan sambil mengemudi, mengoprasikan mesin, menonton televisi, atau membuat otak dapat mengalihkan perhatian dari makan. Ketika otak terganggu, lebih sulit untuk mengontrol bagaimana bisa mengunyah.
  11. Pastikan untuk mengunyah secara menyeluruh karena hal ini akan membantu tubuh mendapatkan lebih banyak dari makanan yang dimakan.
  12. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi banyak alkohol. Hal ini akan mengeringkan mulut dan meningkatkan peluang tersedak.
  13. Jangan menelan potongan makanan yang besar. Hal ini dapat meningkatkan tersedak serta membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk pergi bekerja pada makanan di perut dan usus.

Semoga Bermanfaat.