Tips Memilih Travel Umroh Berkualitas dan Amanah

Ibadah umroh semakin menjadi favorit karena semakin lamanya waktu tunggu haji. Umroh yang bisa berangkat seketika, membuat ibadah umroh menjadi pilihan utama sembari menunggu kuota haji.

Tips Memilih Travel Umroh

Saat ini perusahaan travel umroh sangat banyak dan menyediakan berbagai paket dengan harga yang bervariasi. Hanya saja, kita harus ekstra hati-hati ketika memilih sebuah travel umroh. Banyak sekali calon jamaah yang telah menjadi korban penipuan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan travel umroh.

Untuk mengantisipasi agar kita tidak mengalami hal-hal tersebut, berikut ini adalah tips memilih travel umroh yang amanah ;

Carilah travel umroh yang jelas legalitasnya

Karena legalitas yang jelas adalah syarat mutlak terkait dengan kredibilitas dan tanggung jawab travel umroh terhadap jamaah selaku peyelenggara mulai dari berangkat, saat di tanah suci hingga kembali di tanah air. Pastikan travel umroh minimal memiliki SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh).

Bandingkan Biaya umroh dengan fasilitas yang dijanjikan

Jangan mudah kagum dengan tawaran harga murah. Harga yang lebih murah, bahkan tergolong tidak wajar patut diwaspadai, bisa jadi fasilitas yang diberikan travel umroh tersebut tidak sesuai yang dijanjikan, misalnya keberangkatan yang tidak sesuai dengan jadwal. Biaya umroh untuk hotel bintang 3 berkisar antara 1700USD-1900USD, untuk hotel bintang 4 antara 2100USD-2400USD, dan untuk hotel bintang 5 antara 2600USD-2900USD. Selisih harga terjadi karena jenis maskapai dan level bintang hotel yang berbeda. Sedangkan fasilitas lainnya, seperti pakaian ihram, katering, sarana transportasi, dan tempat ziarah yang dikunjungi relatif sama.

Cari tahu Riwayat Travel

Kita bisa mencari informasi terkait tahun berapa travel umroh berdiri, sudah berapa kali travel umroh memberangkatkan jamaah, berapa banyak jamaah yang sudah diberangkatkan. Informasinya bisa didapat melalui website travel umroh atau membaca testimoni dari para jamaah yang pernah menggunakan travel umroh tersebut.

Cara Pembayaran/ Pelunasan Yang Wajar

Travel umroh yang amanah umumnya menggunakan jasa perbankan dan mengatas namakan perusahaan (bukan rekening tabungan an.pribadi / perseorangan) untuk melakukan transaksi biaya umroh dengan calon jamaahnya. Namun ada travel umroh yang memberlakukan transaksi tunai ataupun atas nama perseorangan/pribadi, disini kita harus memastikan bahwa transaksi di lakukan di kantor perusahaannya dan kita mendapatkan bukti pembayaran yang resmi

Skema Pemasaran Travel

Travel umroh dengan menggunakan multi level marketing (MLM) sering kali dipandang negatif. Padahal kecurangan/penipuan biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selama anda membayar ke rekening perusahaan dan perusahaan travelnya sudah terkenal, insya allah aman saja. Bahkan biasanya manajemen mereka lebih baik karena berpengalaman memberangkatkan ribuan jamaah.

Perkembangan teknologi sungguh membawa kemudahan bagi siapa saja, termasuk orang-orang yang ingin berangkat umroh. Beberapa travel umroh memanfaatkan perkembangan teknologi dengan pemasaran online, menawarkan paket travel yang sesuai dengan budget anda.

Leave a Comment