Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Memilih Sekolah bagi anak harus menjadi perhatian para orangtua. Banyaknya sekolah negeri atau swasta tidak membuat memilih sekolah menjadi mudah.

Sekolah favorit mungkin kini hanya menjadi acuan awal dalam memilih. Orang tua yang bijak harus mempunya kriteria dalam memilih sekolah bagi anaknya. Kriteria sekolah ideal walaupun tidak mudah harus disesuaikan mendekati dengan kenyataan sebenarnya. Berikut paduan memilih sekolah yang tepat untuk anak.

1. Lokasi Sekolah Pertimbangakan lokasi yang strategis. lokasi sekolah harus didaerah yang relatif tenang agar kondusif dalam belajar. Jarak dari rumah juga jangan terlalu jauh agar mudah antar jemput dan membuat anak tidak lelah dalam perjalanan yang akan berpengaruh dalam konsentrasi belajar. Dan tentu saja lokasi yang dekat akan menghemat biaya transportasi.

2. Biaya Sekolah dan fasilitas Beberapa sekolah favorit menentapkan biaya sekolah yang lebih tinggi. Orang tua yang bijak harus mampu menilai perbandingan fasilitas sebuah sekolah dengan biayanya.Bila anggaran menjadi kendala, cari tahu biaya apa saja sepanjang tahun yang akan dikeluarkan. beberapa sekolah memberikan les tambahan dan biaya study tour dalam paketnya spp bulanan.bandingkan dengan sekolah lain, surveylah beberapa sekolah unggulan.

3. Ketahui Kurikulum dan Metode Belajar Walaupun memiliki kurikulum standar dari pemerintah, setiap sekolah memiliki kurikulum khusus dan metode belajar yang berbeda. Ada sekolah yang menggunakan bahasa pengantar indonesia dan inggris (bilingual). ada yang menggabungkan sekolah dengan keagamamaan, ada sekolah alam, visi dan misi setiap sekolah menentukan kurikulum dan metode belajarnya.

4. Anak Merasa Nyaman disekolah Anda mungkin mempunya sekolah favorit incaran. namun pastikan sekolah itu juga dapat diterima oleh anak anda. Yakinkan pada anak bahwa ini sekolah yang nyaman. kalau penolakan dari anak terlalu keras sebaiknya cari sekolah lain yang cocok dengannya. anak harus merasa nyaman disekolah barunya agar mereka tidak merasa stress dan bisa belajar dengan tenang.

Leave a Comment