Bagaimanapun Air Kemasan Bisa Tercemar

Air kemasan pun tetap bisa saja tercemar, walau pencemaran itu tidak langsung menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak menutup kemungkinan air dalam kemasan yang tersegel rapat pasti steril dan menyehatkan.

 

Air minum dalam kemasan terbagi dua, ada yang merupakan air tanah yang diolah dan disterilkan dan ada pula air yang berasal dari mata air alami.

Air tanah olahan dari daerah perkotaan adalah sumber paling patut diwaspadai tidak steril karena gampang tercemar unsur kimia maupun limbah.

Sedang mata air alami, diambil dari pegunungan relatif lebih aman dari pencemaran. Biasanya, sumber itu terletak di kawasan yang terlindungi dan jauh. Memang tidak bisa dijamin seratus persen murni, namun kontaminasinya jauh lebih minim.

Dari dua opsi itu, jelas sumber mata air alami yang jadi pilihan. Sejauh ini, belum ada kasus karena kontaminasi air alami.

Bahaya Bahan Botol Plastik Kemasan

Namun yang perlu dikhawatirkan juga adalah bahan botol untuk mengemas air minum. Unsur kimia dalam botol plastik bisa berbahaya apabila penyimpanan tidak benar.

Seharusnya botol disimpan di tempat yang sejuk dan kering, botol minum plastik juga harus dijauhkan dari unsur berbahaya, seperti bensin. Uapnya ternyata bisa mengontaminasi air di dalam botol.

Jangan pula menyimpan botol di paparan suhu ekstrem, seperti di bawah panas matahari langsung.

Memilih botol air juga tak boleh sembarangan. botol dengan plastik yang keras dan kaku atau polycarbonate mengandung Zat berbahaya BPA.

Jadi, sebaiknya pilih botol yang plastiknya tipis dan mudah diremukkan. Perhatikan pula kadaluarsanya.

Leave a Comment