Ternyata Sifat ini Menandakan Anak Memiliki Bakat Super

Beberapa anak bisa saja menunjukkan kemampuan lebih dari mayoritas anak lain di bidang tertentu. Terkadang mereka perlu sedikit arahan berbeda dari anak-anak pada umumnya.

Bila anak Anda masuk dalam kategori istimewa maka ia memiliki lima sifat berikut seperti dilansir dari Womanitely, yaitu:

1. Sifat kreatif
Anak dengan bakat tinggi menunjukkan kreativitas dengan karakteristik kuat. Mereka berani mengambil risiko, sangat kreatif, fleksibel, mampu menciptakan gagasan baru, menghasilkan berbagai cara memecahkan masalah, banyak bertanya dan pertanyaannya mencengangkan untuk anak seusianya. Selera humornya kadang sangat biasa untuk orang lain namun luar biasa baginya. Mereka juga bisanya penuh konsentrasi, tekun, dan banyak lagi ciri lainnya.

2. Sifat intelektual
Ciri intelektual anak-anak berbakat tinggi mencakup penguasaan kosa kata banyak, terampil memecahkan masalah, rasa ingin tahu kuat, pelajar mandiri, minatnya beragam, kemampuan membaca dini, pengamatannya tajam, ingatannya sangat baik, kritis.

3. Sifat artistik
Secara artistik, anak-anak berbakat tinggi sulit dikenali. Namun, mereka menunjukkan karakteristik tertentu secara artistik. Mereka memiliki imajinasi tanpa henti yang dibangun berdasarkan gagasan. Mereka mudah merasakan ruang, warna, dan nilai artistik lainnya. Sebelum usia dua tahun, anak memiliki kesukaan, seperti suka melukis dengan cat air, suka mengukir, dengan tingkat konsentrasi tinggi dan lama.

4. Sifat kepemimpinan
Anak-anak gifted menunjukkan bakat kepemimpinan luar biasa. Mereka secara otomatis menjadi pemimpin, berani bertanggung jawab, disukai teman, sangat terorganisir, percaya diri, memiliki harapan tinggi, pemikir, rasa keadilan yang tajam, dan banyak lagi ciri lainnya.

5. Sifat akademis
Anak-anak berbakat tinggi biasanya sangat unggul di bidang akademik tertentu. Misalnya sains, atau spesifik di ilmu tertentu. Memorinya bagus, keterampilannya berkembang dan menonjol sejak awal, fokus dan minat baca pada bidang tertentu, mengetahui bidang spesifik itu, dan mungkin menunjukkan antusiasme dan keahlian di bidang tertentu.

Memang anak yang sangat berbakat ini perlu diidentifikasi melalui beberapa evaluasi. Evaluasi ini dilakukan secara kuantitatif atau obyektif, dan kualitatif atau subyektif. jadi, tanyakan pada gurunya di sekolah lalu lakukan evaluasi bersama.