Ternyata Investasi Barang Unik Lebih Menguntungkan

Investasi makin populer dalam kamus finansial. Investasi menjadi persiapan masa depan keuangan yang lebih baik. Beberapa orang bahkan berpikir, tanpa investasi tidaklah mungkin bisa mewujudkan mimpi besar di masa yang akan datang.

Ada banyak pilihan, mulai dari investasi konvensional produk perbankan seperti properti,logam mulia, emas dan sebagainya. Tapi ternyata hobi adalah salah satu kegiatan bernilai investasi. Beberapa diantaranya malahan menjadi jalan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Ada banyak hobi yang bisa memberikan nilai tambah sebagai objek investasi. Seperti mengkoleksi benda-benda yang unik dan tak biasa yang ternyata justru bernilai investasi tinggi.

1) Diecast

Jenis mainan berbentuk replika mobil aneka tipe ini sebenarnya sudah bukan rahasia lagi untuk bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi. Tak perlu khawatir mengenai potensi pasarnya. Di sosial media semacam FB atau Grup WA bahkan sudah ada berkumpul komunitas yang siap merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya.

Untuk menjadi kolektor diecast juga tak terlalu sulit atau butuh modal besar, cukup dengan harga Rp50.000, mainan bentuk mobil-mobilan ini bisa dibawa pulang. Jangan remehkan harga hari ininya, karena dari berbagai pengalaman suatu saat untuk jenis tertentu bisa meningkat harganya sampai 100 kali lipat.

2) Buku Komik

Di era digital seperti ini, buku komik kini menjadi semakin langka. Jika anda punya buku komik dan dalam kondisi baik harganya bisa sangat fantastis. Salah satunya contohnya adalah komik superman edisi cetakan pertama yang ditawarkan lewat e-bay dengan banderol  $3.200.000, harga yang fantastis untuk sebuah komik. Jika ingin memulai jadi kolektor komik, pilih edisi No 1 cetakan pertama, pastikan kondisinya baik. Karena berdasar dari beragam informasi, buku komik mengalami kenaikan nilai setiap 20 tahun sekali.

3) Barang Antik

Barang antik serta benda seni adalah salah satu bentuk investasi jika kita bisa menjualnya pada kolektor benda seni yang cocok. Banyak lukisan misalnya yang dilepas dengan harga ratusan juta bahkan miliaran. Sementara untuk barang antik harganya juga bisa fantastis.

 

Sebenarnya banyak benda koleksi maupun hal lain yang bisa dijadikan sebagai sarana memulai investasi. Beberapa tak perlu modal besar, tapi perlu ketekunan dan kejelian agar benar-benar menjadi satu sarana investasi yang menguntungkan pada akhirnya.

Tips Memilih Benda Koleksi untuk dijadikan Investasi

Agar sebuah benda koleksi bisa jadi investasi yang menguntungkan, kita tak bisa memperlakukannya dengan sembarangan. Jadi, ada caranya tersendiri. Kiat-kiat berikut bisa jadi kumpulan cara untuk untuk memilih benda koleksi yang bisa dijadikan alat untuk tujuan investasi.

1) Pilih Yang Kondisinya Diatas 90%
Kebanyakan benda koleksi yang bisa mencapai angka mahal adalah yang masih dalam kondisi baik (biasanya diatas 90% atau minimal 90%). Kejelian sangat dibutuhkan bila memilih investasi dengan benda-benda semacam mainan koleksi atau lainnya.

2) Orisinil
Faktor orisinalitas juga penting. Karenanya dalam memilih benda koleksi jangan sampai kedapatan barang yang aspal atau bahkan palsu. Apalagi untuk benda-benda semacam barang antik dan sejenisnya yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dari segi keasliannya. Seorang kurator benda koleksi sudah sangat paham akan hal ini. Jadi mulai sekarang mulailah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang barang-barang yang hendak dikoleksi.

3) Pilih Harga Representatif
Jika dijadikan investasi, tentu saja jangan sampai membeli barang yang harganya sudah mendekati harga kolektor. Karena bisa jadi keuntungannya tidak ada, meskipun ada persentase kemungkinan kenaikan harga dari waktu ke waktu.

4) Perhatikan Cara Penyimpanan
Beberapa benda koleksi tergolong ringkih atau mudah mengalami kerusakan. Karena itu tak bisa disimpan dengan cara seenaknya. Tak heran bila seorang kolektor benda koleksi biasa meletakannya di lemari khusus. Beberapa bahkan menyimpan di ruangan terpisah yang bebas gangguan.

Tidak hanya Menyenangkan tapi juga Menghasilkan

Merawat benda koleksi untuk tujuan investasi punya manfaat ganda. Terlebih bila sesuai dengan hobi dan ketertarikan. Pada suatu waktu, bila harganya melambung tinggi dan bisa dilepas, ada kepuasan batiniah tersendiri bagi pemiliknya.