Awas Terlalu Lama Duduk Berbahaya Bagi Tubuh

Ternyata banyak duduk sama bahayanya dengan merokok. Terlalu banyak duduk ternyata bisa menjadi bom waktu bagi kesehatan. Penelitian di Inggris menyebutkan, terlalu banyak duduk meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung, diabetes, kanker usus, masalah otot dan punggung, tulang rapuh, depresi bahkan demnsia.

Orang Inggris rata-rata menghabiskan waktu 8,9 jam setiap hari untuk duduk. Ditambah dengan tujuh jam tidur setiap hari, artinya rata-rata tubuh hanya digunakan sekitar 8 jam untuk berjalan.

Duduk merupakan bom waktu bagi kesehatan yang hanya menunggu saatnya untuk meledak. WHO bahkan mengidentifikasi ketidakaktifan tubuh sebagai pembunuh nomor empat di dunia.

Pada dasarnya semua orang menyadari gaya hidup jarang bergerak dan kebanyakan duduk adalah buruk, komputer dan TV selama 40 tahun turut menjadi salah biang keladi manusia modern menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk.

WHO merekomendasikan orang dewasa melakukan latihan fisik moderat selama 150 menit selama sepekan, atau setidaknya 30 menit selama lima hari.

Duduk terlalu lama akan mempelambat metabolisme tubuh sehingga enzim lipoprotein lipase akan memecah cadangan lemak tubuh. Di sisi lain kadar glukosa dan tekanan dalam darah akan meningjat. Jika dilakukan terus menerus, duduk akan merusak bagian dalam pembuluh darah.

Ayo bergeraklah jangan duduk terus ya.