Program Tahfidz Balita dan Anak Penghapal Quran Usia Dini

Kebanyakan orang sudah pesimis menyatakan bahwa anak-anak usia balita (anak dibawah usia lima tahun) tidak akan bisa menghafal Al-Qur’an. Atau yang khawatir anaknya stress mengatakan usia dini itu waktunya bermain, tak perlu membebani anak dengan hafalan Qur’an dsb.

Tapi faktanya, mayoritas ulama-ulama besar hafal Al-Qur’an pada usia dini ketika masih kanak-kanak. Sebut saja Imam Syafi’i, Imam Bukhari, Yusuf Qardhawi dan banyak yg lain. Menghafal Al-Qur’an di usia dini juga merupakan tradisi para ulama. Imam Nawawi berkata: “Hal pertama yang harus dipelajari seorang pelajar adalah menghafal Al-Qur’an,”

Para ulama terbiasa untuk tidak memberikan pengajaran yang lain sebelum anak-anak mengkhatamkan hafalan Qur’an.

Walaupun demikian persepsi orang kebanyakan sebagai berikut:

  1. Al-Qur’an Tidak mungkin di hafal/ Saya tidak mungkin hafal Al-Qur’an
  2. Sebelum menghafal anak harus bisa membaca
  3. Usia dini adalah usia bermain,jangan di suruh menghafal,nanti anak terbebani
  4. Al-Qur’an itu yang penting Paham dan amal,tak perlu hafal
  5. Orang tua tidak akan bisa hafal

Kenyataannya :

Sangat banyak penghafal Al-Qur’an,mulai usia kanak kanak bahkan nenek nenek usia 60 tahun.Anda percaya anda tak bisa menghafalkan? Yang terjadi adalah yang kita percaya.

Anak harus bisa baca dulu? tak mesti..karena menghafal adalah kemampuan dasar anak.tak perlu membaca dulu. Anak anak bisa menghafal hanya dengan di talqin dan sering mendengarkan.

Usia dini tak usah ngafalin dulu? Makin dini makin bagus..bahkan kalo bisa sedari dalam kandungan sudah terbiasa mendengar Al-Qur’an.Bahkan dari memilih jodoh.Bagi para jomblo mulia nih,jangan liat kilauan dunianya,sebentar juga lenyap,liat yang bisa jadi Imam dunia akhirat.Semoga bertemu belahan jiwa yang sholih,cinta Allah,Cinta Rosulnya,Cinta Al-Qur’an,kalau kebetulan kaya dan tampan juga tak apa.

Para Ulama besar adalah orang orang yang hafal Al-Qur’an dari kecil. Realita hari ini ada banyak anak anak yang hafal Al-Qur’an di Usia dini ada Tabarak (4.5thn) Yazid (4.5 thn) Zeenah 5 thn.ketiganya adalah Kakak adik dari Pasangan Dr Kamil dan Dr Rasya. Di Indonesia ada Musa 5.5 thn, Ada Fajar yang mengidap cerebral palsy, Ada Abdurrahman Farih, Ada Kamil (9thn) hafal dalam waktu 6,5 bulan padahal sebelumnya tidak pernah menghafal sebelumnya.

Sudah tua tak bisa menghafal? Bahkan nenek nenek usia 60 tahun baru wisuda tahfiz. ada supir truk yang bolak balik pasang murattal 30 Juz hafal dalam 2.5 tahun.

Jadi, Kapan Sebaiknya Mulai?

Sedini mungkin,sedari memilih jodoh bahkan,mulai dari kandungan.Ibunya Tabarak,Dr Rasya khatam 5 kali dalam 1 bulan di waktu beliau hamil.total khatam selama hamil 9 x 5 = 45 kali!
ditambah masa menyusui 5 x dalam sebulan x 2 tahun? Berapa? Yup ,total 165 x !!!
Jangan bilang tak sanggup dulu wahai ibu.

ada banyak media yang bisa digunakan,cukup pasang murattal dari HP/laptop/speaker Quran dan media lain.Untuk akses di PC atau laptop,pakai aplikasi AYAT.Bisa seting baca 1 ayat sampai berapa kali yang kita mau pengulangannya.

MENGAPA MULAI di USIA DINI?

1. Karena anak lahir dalam kondisi fitrah,orangtualah yang bertanggung jawab membentuknya,mau jadi Hafiz atau tidak.sholeh atau tidak.

Mengapa usia dini? Karena Doa anak nanti akan berbobot. ingat doa untuk Orang Tua? Betul…”sayangilah orangtuaku sebagai ia menyayangiku di waktu kecil.” Bagaimana kita menyayanginya di masa ia kecil”.

Kenapa Usia Dini? Karena Pengajaran yang baik adalah HAK anak. ingat kisah anak yang di adukan durhaka kepada khalifah Umar RA.setelah tau duduk masalahnya, Umarpun berkata,engkau telah mendurhakai anakmu sebelum anak mu mendurhakaimu. Kenapa? karena banyak hak anak yang tidak di tunaikan

2. Karena kita ingin jadi ORANG TERBAIK

Ingat Hadist ini: yang terbaik dari kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. Jika ortu adalah yang mengajarkan,maka ia masuk golongan Yang TERBAIK. jangan sub kontrakkan peran yang satu ini. Semoga kelak kita bisa dipasangkan mahkota oleh anak anak kita di SyurgaNya 😇

3. Melahirkan anak yang Sholeh,sholeh dimulai dari pengajaran orangtuanya,sedini mungkin kita biasakan dengan kebaikan

4. Menjaga anak dari pengaruh tidak baik

Tabiat anak adalah menghafalkan.Pernah liat anak anak yang sering nonton TV? Hafal iklannya kan? Jinglenya dan kata katanya? atau anak yang sering nonton upin,bahkan dialognyapun ia bisa lafalkan duluan sebelum upin ngomong.mereka bisa menghafal apa saja,so kitalah yang memilih inputnya,mau despacito atau lantunan Al-Qur’an.

5. Kenapa usia dini? Karena ingatannya lebih kuat.Ibarat melukis,ini adalah melukis di atas batu.entah kenapa saya jadi ingat lagu kasidahan zaman baheula,ketauan umurnya he he

6. Karena kita ingin mengkader Ulama masa depan,siapa? Anak kita !

7.Keberkahan Hidup.
Yes..semua orang ingin hidup yang berkah,rata rata penghafal Al-Qur’an punya daya ingat yang kuat,berprestasi secara akademik,bisa kita liat anak anaknya Ust Mutamimul Ula dan Ust Wirianingsih,punya prestasi akademiknya bagus.Silahkan baca bukunya 10 anak penghafal Al-Qur’an

Kita masuk Materi ke 2.Karakteristik Balita dan Optimalisasi Tahfiz

Bagaimana karakter balita? Bagaimana cara mengoptimalkan Tahfiznya?
berikut tipsnya

1. ANAK ITU AKTIF DAN ENERGIK
Penanganannya:
>> Sabar dan jangan tanggapi agresif,itu memang ciri khas anak anak,kalo kalem mungkin orang dewasa mini :D

>> Menutup peluang yang menyibukkan,ruangan jangan banyak mainan,properti,gambar di dinding,buat anak bahkan pena sama mushaf aja bisa jadi mainan.nanti waktu dan tempat bermain di sediakan terpisah.

>>Berikan waktu santai untuk bermain sebagai apresiasi

2.ANAK SUKA MENIRU
Karakter anak ke 2 adalah suka meniru.meniru apa saja.Maka contohkan yang baik,dengarkan Al-Qur’an dan Tilawah dan Sholat bersama anak dan bacakan cerita cerita yang baik
Ajak anak ke tempat tempat yang baik
minimalisir interaksi dengan TV maupun gadget lainnya.Maksimal hanya 2 jam dalam seminggu.Jangan sampai membatasi anak tapi ortunya lebih banyak pegang Hp * PR banget ini 😨

3.KETIDAKTAHUAN ANAK
Anak kecil tidak tahu akan bahaya,hindarkan ruangan/rumah dari hal yang membahayakan.

4.Kemampuan Mengingat
Daya ingat anak usia dini yang kuat,manfaatkan untuk menghafal Al-Qur’an,mengulang bacaan.

5.Anak Suka di apresiasi
Siapkan hadiah yang sesuai usia,anak kecil lebih suka mobilan,stiker,kartu coklat.jangan kasih hadiah Umrah,tak bakal paham.

Dr Rasya biasanya menyimpan 1 kotak hadiah yang isinya macam macam.Ada mobilan,coklat dll
nanti diberikan jika anak anaknya bagus dalam hafalan.Jika setorannya bagus boleh pilih hadiah dari box,jika kurang bagus tetap dapat hadiah,tapi tak boleh milih.terima yang di pilihnya Ibunya

Variasikan juga hadiah,jangan hari ini balon,besok balon,besoknya lagi balon :D
berkreasilah sehingga menghafal memang momen yang dinanti

Kaitkan hadiah dengan ganjaran akhirat kelak,misal “Kuenya enak yah,Insya allah nanti di syurga bisa dapat apa saja yang kakak mau karena kakak suka menghafal Al-Qur’an “

6. SUKA BERMAIN

Karakter balita yang lain adalah : Suka Bermain!
menghafalah sambil bermain,bahkan Rosulullahpun bermain bersama cucu beliau.
Pilih mainan yang bermanfaat,pilih teman bermain yang baik,mengatur waktu menghafal.

7.Rasa Ingin tau
Puaskan rasa ingin tau anak dengan jawab pertanyaannnya,bacakan buku,bawa anak ke alam terbuka.

Materi ke 3 /Terakhir :
MENGENAL METODE TABARAK

Metode ini di ambil dari nama anak sulung Dr kamil dan Dr Rasya yang Hafidz Quran di usia 4.5 tahun.Dinobatkan sebagai hafizh termuda.

Saat hamil Dr Rasya mendengarkan 1 juz per hari sebanyak 5 kali.dalam 1 bulan beliau khatam 5 kali
selama hamil khatam 45 x
Selama menyusui juga khatam lagi.total Tabarrak kecil sudah mendengarkan 165 kali khatam 30 Juz dari kandungan hingga usia 2 tahun.

Tabarak kecil sudah diajak umrah dan tawaf di Kakbah kurang dari 10 kelahirannya,ayahnya berdoa sepanjang tawaf “Ya Allah..berkahilah di dalamnya,berkahilah baginya,berkahilah atasnya,dan jadikanlah ia anak yang penuh berbagai keberkahan dari sisiMu’

Kunci menghafal

1.Niat yang Ikhlas

2.Doa.Doa orangtua yang mustajab dan berdoa di saat saat muntajab.Hati hati dengan yang satu ini ya Mom.jika lagi marah dan rasanya ingin memuntahkan kutukan,kutuklah ia jadi Imam Masjidil Haram.
tidak mudah berkata baik di saat marah,tapi kita BISA.Antara Aksi dan reaksi itu ada JEDA,kita berhak memilih bereaksi seperti apa,jangan seperti korek api yang jika tersulut sedikit saja langsung terbakar.
Saat anak bertingkah dan banyak upacara,kita JEDA dulu,reaksi seprti apa yang akan kita pilih?
duuuh..materi ringan ini,melaksanakannya yang butuh perjuangan.

3.Memantau bacaan dan Murajaah

CARA MENGHAFAL

Usia 3 tahun Tabarak mulai di Talqinkan hafalannya.Talqin ini metode dengan cara kita bacakan dan anak mengulang.Misalkan Juz amma surat An Naba,kita baca 1 ayat,anak ulangi baca sampai 3-5 kali.

Usahakan yang mentalqinkan adalah orang yang bacaannya sudah betul tajwidnya.Biasanya Tabarak yang mentalqinkan adalah AYAHnya..kenapa saya tulis Capslock? Sengaja,agar PARA AYAH juga mengambil peran dalam hal ini.Di buku 10 anak penghafal Al-Qur’an juga saya baca,kalo Ust Mutamimul Ula walaupun sedang keluar kota atau keluar negri akan tetap menelpon untuk mengontrol bacaan anak anaknya.So,ini bukan hanya tugas IBU saja.Saya jadi pengen ngetag sesebapak.

Caranya :

1.Talqinkan/bacakan 1 ayat ke anak sebanyak 5 kali,minta anak mengulangi kembali,Jika ayatnya panjang,potong potong

2. Selesai di Talqin Dengarkan bacaan Murottal Syeikh ,di sarankan Syeih AlHusyari,bacaanya lebih pelan,tartil.lebih mudah untuk anak anak menghafal dengarkan sebanyak 20 x. Bisa langsung kita set.baca Annaba ayat 1 – 11,pengulangan 20 x stel 1 ayat di ulangi 20 x, ayat ke 2 di ulangi 20 x dst

pakai apa? Bisa pakai media.Kalau di PC atau laptop bisa download aplikasi AYAT,ini link nya : http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=id

download dan ikuti stepnya.aplikasi ini berbahasa arab,nanti di bagian lughah,ganti bahasanya dengan bahasa Indonesia. ada banyak Imam di sana,ada terjemah dan tafsir juga

Bisa juga download di HP,cari di playstore : Ayat
atau gunakan media seperti Speaker Al-Qur’an dll

Hari kedua :
1.Ulangi murajaah hafalan hari pertama 1 x

2. Tambah hafalan baru dengan cara yang sama,Talqinkan dan ulangi.tambah sebanyak 11 ayat.Jika hari pertama An Naba 1- 11.maka hari kedua An Naba 12-23

3. Setelahnya dengarkan Murottal hafalan baru 20 x
bagi anak yng belum bisa membaca cukup dengarkan Murattal saja.jika sdh bisa membaca boleh simak sambil menunjuk Ayatnya di Al-Qur’an

Al-Qur’an yang di pakai Tabarak,Yazid dan Zeenah sudah berwarna warni,ada coretan di berbagai tempat,gunanya menandai yang masih belum lancar,ujungnya lupa dll. Gunakan Mushaf yang sama setiap hari

Dalam Metode ini level 1 anak bisa hafal Juz 30 dalam waktu 4 bulan,180 jam
level 2 Juz 29 plus belajar membaca,300 jam, level 3 Surat AlBaqarah dan ali Imran ,300 jam
dst..yang butuh lengkap nanti dikirim gambarnya ya..

level 1 dan 2 adalah pondasi..harus kuat.Ibarat mau membangun apartement 30 lantai,pondasinya harus kuat,karena level berikutnya waktunya sama tapi beban hafalan lebih banyak

Tips lainnya

1.Cari waktu yang pas.Jangan setelah anak makan berat,karena akan mengantuk. di Markaz Tabarak biasanya di sediakan roti,madu dan kurma.Kurma dan madu yang manis baik buat nutrisi ke otak,otak butuh asupan glukosa.
Biasanya keluarga Dr Kamil memilih habis subuh untuk menambah hafalan dan setelah ashar untuk murajaah

2. Istirahat/tidur yang cukup

3.Ajak rihlah

Terakhir yang paling penting : KONSISTENSI

KONSISTENSI PENTING

Tools..cara..metode,strategi hanyalah alat,tak akan bekerja jika Peoplenya tidak ACTION
Secanggih apapun tools tak akan berguna jika tidak digunakan

Sesholih apapun lingkungan/bi’ah tak akan ngaruh kalo kitanya sendiri memang tak mau berubah

Sekeren apapun Coach/mentor/murabbi/guru/Ustadz/ustadzah tak akan akan ngefek kalo KITA tidak mau berubah dan tidak konsisten.

So,kuncinya sama KITA.anak akan tumbuh jika orangtua juga tumbuh,mau belajar bareng dan Konsisten setiap hari.

Ibunya Tabarak Dr Rasya,waktu menikah hanya hafal 2 surat AlBaqarah dan Ali Imran,sisanya beliau selesaikan bareng dengan anak anaknya.

Duh..saya mesti praktek duluan nih,Kabura maktan jika sayanya tak action malah nulis note panjang kali lebar kali tinggi begini soal Tahfiz.

Kita Praktek sama sama ya…Btw dalil dalil sengaja tak di cantumkan ya,silahkan di baca sendiri keutamaan membaca dan menghafal Al Qur’an,nanti malah jadi buku nih note ha ha..yuk ah..

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca,semoga bermanfaat ya ^^

love u coz Allah

Ditulis ulang oleh
Nova Yenti
Founder &Owner AmanyBook
Product Creator di AmanyBook
Penulis cerita di Buku Kain Custom My Book My Story
www.mybook-mystory.com

Tulisan ini di sarikan dan di tulis ulang dari Seminar Mengajar Balita Tahfiz Al-Qur’an dengan Metode Tabarak

Pembicara
Ust Ulyadi Yesmar,Lc,Ma. Pembina Markaz Tahfidz Balita Metode Tabarak Padang
Kandidat Doktor Universitas Al Azhar

Ustz Novi Ummu Maryam,Lc.
Pimpinan Markaz Tahfiz Balita.Alumni Pelatihan Tabarak bersama Syeikh Dr Kamil el Laboody