Nissan Note Menantang Honda Jazz

Nissan Motor Company meluncurkan Note di Oranbashi, Yokohama. Generasi keduahatchback andalan Nissan ini merupakan wujud mobil yang dipamerkan di Geneva Motor Show,  dan siap menantang dominasi Honda Jazz di segmen yang sama.

Sosok Note mengalami perubahan bentuk dari MPV menjadi lebih kompak (hatchback). Dibandingkan dengan kompetitor seperti Renault Clio dan Ford Fiesta, Note punya atap lebih tinggi dan disebut sebagai desain airy cabin.

Nissan berencana meluncurkan Note di Jepang pada musim semi tahun ini dengan dua pilihan mesin, yaitu bensin tiga silinder 1.2 liter dengan transmisi XTronic CVT untuk semua model plus fitur “Idling Stop System” untuk varian 2WD.

Nissan mengklaim, mesin Note sangat irit, konsumsi rata-rata bahan bakarnya 25,2 kpl. Mengenai besar tenaga yang dihasilkan mesin, Nissan belum mau merilisnya. Diperkirakan, kalau menggunakan mesin 1.2 liter pada March, berarti 79 sampai 97 PS.

Fitur lain adalah Nissan Around View Monitor (AVM) yang membantu pengemudi waktu parkir. Di Jepang, Nissan segera memproduksi Note di Nissan Motor Kyushu dan untuk pasar Eropa, Sunderland, Inggris, dengan rencana pemasaran pada awal 2013.

Sumber: Kompas

Leave a Comment