Nissan Evalia Mobil Favorit

Nissan Evalia menyadari  harus mampu  head to head langsung dengan duet Avanza dan  Xenia, belum lagi menghadapi pendatang baru Ertiga. Saat mudik nanti anda akan melihat banyak evalia sudah beredar.

Multi Information Display (MID)

Sebagai lead coming di strata mobil low MPV, Nissan Evalia sudah punya nilai di atas rata-rata. Di kelasnya, mobil yang kerap disebut ”Serena Wanna Be” ini bisa dibilang punya bekal paling banyak dibandingkan kompetitor. Tak hanya ruang yang lega untuk kendaraan keluarga, Evalia juga membawa banyak fitur baru dan fungsional demi menambah kenyamanan.

Salah satu yang paling menyolok adalah Multi Information Display (MID), letaknya di samping speedometer. MID memang biasa terdapat pada sebuah mobil, namun menjadi tak biasa karena ter-install di kelas low MPV. Apalagi, MID Evalia mampu memberikan informasi untuk mengingatkan pemilik tentang segala hal. Mulai alarm peringatan batas kecepatan, lama mobil dalam kondisi idle, hingga timer mengemudi untuk menjaga stamina pengemudi.

Tak hanya itu, MID Evalia juga bisa di-setting untuk mengingatkan pengemudi soal perawatan dan kondisi mobil. Jadwal ganti oli, filter oli, sampai tekanan ban. Semuanya terintegrasi menjadi satu layar kecil, dan sangat mudah dioperasikan.

Ada dua menu utama yang akan muncul setelah tombol ditekan, ”setting” dan ”detail”. Pilih ”detail” dengan memutar tombol ke kanan. Di MID akan muncul tiga sub-menu: alert, maintenance, dan clock. Putar kanan-kiri tombol untuk memasuki sub-menu.

Dalam sub-menu ”alert” terdapat tiga bagian. ”Timer” dipakai untuk membatasi lama mengemudi. Dalam teori safety driving, idealnya mengemudi tidak lebih dari dua jam. Dan ketika kita memasukkan angka 2 jam, maka setelah mengemudi selama 2 jam MID akan menyala merah sebagai peringatan bahwa kita harus istirahat.

Ada juga setting ”speed” untuk mengingatkan batas kecepatan. Misalnya kita masukkan batas kecepatan 100 km/ jam, maka MID akan menyala merah ketika kecepatan sudah melebihi 100 km/ jam. Yang terakhir dalam sub-menu ”alert” adalah ”idling”. Kita bisa mengetahui bahwa mesin menyala tanpa jalan selama beberapa menit—sesuai settingan kita—untuk tujuan menghemat bahan bakar.

Kontrol mesin
Jika kita pilih sub-menu ”maintenance”, akan ada tiga bagian juga yang muncul: engine oil, oil filter, dan tire. Lakukan langkah seperti di atas dengan memutar tombol ke kanan-kiri untuk memasukkan batasan angka. Peringatan akan muncul ketika oli mesin, filter oli, dan tekanan ban harus dikontrol.

Bonus lain fitur MID Nissan Evalia adalah munculnya gambar yang terdeteksi kamera di bagian belakang mobil (terdapat pada varian tipe XV). Gambar dari kamera—lengkap dengan garis-garis penghitung jarak—tersebut membantu pengemudi mengetahui jarak aman saat menggunakan gigi mundur.

5 Andalan Evalia

Lima faktor andalan Nissan Evalia adalah tingkat kenyamanan berkendara yang baik (comforf driving), efisiensi bahan bakar tinggi (fuel efficient), ruang kabin yang lega (spacious cabin), desain bodi yang elegan (elegan design) dan tentu saja harga yang terjangkau (affordable price).

Evalia akan diproduksi di Indonesia dengan kandungan komponen lokal yang mencapai 75 persen. Oleh karenanya harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Nissan Evalia dipersenjatai mesin HR15DE dengan dua injektor. dengan dua pilihan tipe yakni SV dan XV. Kedua tipe tersebut diperkuat transmisi manual dan otomatis.Nissan telah memastikan range harga yang ditawarkan Rp145 – Rp180-an juta.

WARNA PUTIH MENJADI FAVORIT

Sambutan konsumen Indonesia cukup hangat, setidaknya ribuan Nissan Evalia telah terpesan. PRJ merupakan ajang peluncuran Nissan. Terlihat stand nissan paling ramai di PRJ.

Dari sejumlah warna yang ditawarkan, warna putih mendominasi jumlah pemesanan. Dengan persentase mencapai sekitar 30 persen dari seluruh pesanan. Evalia sendiri tersedia dalam enam pilihan warna di antaranya, Dark Red Metallic, Black Solid, Silver Metallic, White Solid, Blue Green Metallic dan Grey Metallic.

SPESIFIKASI NISSAN EVALIA

Nissan Evalia menggunakan mesin yang sama dengan Grand Livina, yaitu menggunakan mesin HR15DE, 4 silinder berkapasitas 1.5 liter CVTC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar  109 PS pada 6000 rpm. Evalia ditawarkan dengan dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Karena bobot Evalia lebih berat daripada Grand Livina,sehingga Nissan perlu merubah perbandingan gigi transmisi dan final gearnya.  Wheelbase Evalia memiliki panjang 2.725 mm, lebih panjang dari Grand Livina yang hanya memiliki panjang 2.600 mm, jelas membuat kabin Evalia menjadi lebih lapang dan nyaman.

Evalia juga telah dilengkapi dengan Electric Power Steering dan sebuah kamera untuk melihat ke belakang atau rear view camera berupa opsional untuk memudahkan saat memarkir kendaraan. Selain itu, Evalia juga telah disematkan beberapa fitur keamanan seperti Anti-lock brakes system (ABS) dengan Electronic Brake Assist (EBA) dan Electronic Force Distribution (EBD). Kemudian adanya pilihan Electronic Stability Programme (ESP) yang bisa menjadi fitur standar atau fitur opsional.

Leave a Comment