Kewajiban Orang Tua Memberi Nama Bayi Islami

Seorang anak berhak untuk memperoleh nama yang baik dari orangtuanya, dan orangtua berkewajiban memberi nama yang baik, pantas dan Islami. Ada juga beberapa tuntunan islam dalam memberikan nama yang baik kepada anak-anaknya sehingga kita pun perlu menggunakan dan menamakan anak-anak kita dengan nama yang baik dan juga mengandung arti serta makna yang bagus.

Mengenai kebaikan anak sholeh dan sholeha telah ada dalam ayat Al-Qur’an yaitu QS.Surat Al-Kahfi : 46 yang artinya : “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal dan sholeh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Memberi nama baik kepada anak adalah juga merupakan salah satu kewajiban ayah dalam kehidupan suatu rumah tangga. Sesungguhnya nama bagi seorang anak merupakan identitas seseorang, bukti atas dirinya, serta merupakan kebutuhan yang sangat urgen dalam memahami dirinya di saat bersamanya, atau saat bersikap kepadanya. Bagi seorang anak, nama merupakan sebuah perhiasan dan syi’ar yang dengannya ia akan diseru di dunia maupun di akhirat.

Untuk itu Islam selalu menginginkan kemudahan, meskipun menyangkut pemberian nama anak, dan Islam tidak menyukai kesulitan dan kekerasan meskipun juga menyangkut pemberian nama. Karena Rasulullah juga memberikan tuntunan Islam dalam memberi nama. Hal ini dapat dilihat dengan jelas melalui larangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memakai nama Harb (perang).

Untuk itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Nama yang paling disukai adalah ‘Abdullah dan ‘Abdur Rahman, dan nama yang paling baik adalah Harits dan Hammam, sedang nama yang paling buruk adalah Harb (perang) dan Murrah (pahit).”( HR. Abu Dawud ) Dan tuntunan nama yang paling baik dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan disukai Allah adalah nama Abdullah dan ‘Abdur Rahman berdasarkan atas sebuah hadist yang artinya sebagai berikut :””Sesungguhnya nama yang paling disukai Allah adalah ‘Abdullah dan ‘Abdur Rahman.”( HR. Muslim )

Sebagai umat Islam tentunya kita menginginkan untuk bisa menjalankan sunnah memberi nama baik sesuai yang telah dituntunkan dengan nama-nama baik yang telah disebut dalam hadist tentang pemberian nama bagaimana contoh nama yang baik dan juga contoh nama yang dilarang diberikan kepada anak-anak kita. Adab memberi nama Islami juga perlu kita ketahui. Seperti halnya kapan disunahkan memberi nama, nama-nama apa saja yang dimakruhkan, nama-nama apa saja yang diharamkan, nama-nama yang disunahkan dan dianjurkan dalam Islam perlu diketahui orangtua dan memahaminya dengan benar pula.

beberapa situs saran nama bayi islami dapat anda jumpai di Internet. Namun Satu yang yang terbaik adalah www.namaislami.com

Situs ini menyajikan nama bayi islami berikut arti dalam bahasa inggris dan indonesia. situs ini juga dapat memberikan saran nama sesuai dengan nama kedua orangtuanya.