Mitsubishi Outlander Sport Sang Penantang Alam

Pertarungan pasar mobil SUV (Sport Utility Vehilce) di Indonesia bakal semakin panas, dengan hadirnya pemain baru yakni Mitsubishi Outlander Sport dibeberapa negara di namakan Mitsubishi Asx.

Kesan pertama saat melihat sosok dan interior Otulander Sport sangat menarik. Gril trapesium besar, dari bibir atas kap mesin sampai ke bemper bawah merupakan ciri mobil sport kontemporer.

Mengusung mesin MIVEC DOHC 4 Silinder dengan kapasitas 1.998 cc, yang dilengkapi ECI-Multi (Electronic Controled Injection). Mesin tersebut dapat menyeburkan tenaga maksimal hingga 150 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 197 Nm pada 4.200 rpm.

Outlander Sport mengadopsi penggerak Front Wheel Drive System (FWD). Dari segi desain, mobil ini memiliki tampang garang dan agresif. Itu terlihat dari bentuk grille depan yang mirip Moncong Hiu.

Mitsubishi Outlander Sport akan bersaing para pemain lama di kelasnya, seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, Suzuki Grand Vitara.

Mengenai harga, mobil ini akan dibanderol di bawah Pajero Sport yaitu Rp289 – 325 juta. Outlander Sport dengan panjang 4.295, lebar 1.770, tinggi 1.625 dan jarak sumbu roda 2.670 mm, termasuk SUV kompak.

Dari segi penampilan, ketiga varian Outlandder Sport ini yaitu PX, GLS, GLX, tidak berbeda jauh. Hanya dari dekat bisa diketahui. PX- varian paling top – menggunakan lampu HID atau xenon dengan autolevelling (lampu mengatur ketinggian sorotnya secara otomatis) dan panoramic glass roof.  Sedangkan ukuran ban yang digunakan sama.

Pada interior, PX yang menggunakan transmisi otomatik CVT, dilengkapi dengan paddle shift, memungkinkan pengemudimemindahkan gigi secara manual. Sedangkan jok dan berlapiskan kulit hanya ada pada PX dan GLS, sedangkan GLX menggunakan fabric. Tambah lain pada PX, panel meter kontras  dan tombol  start/stop mesin.

Head unit dengan layar 7 inci 2DIN yang bisa memainkan DVD, CD, MP3, WMA, Radio AM/FM, koneksi USB, Bluetooth digunakan pada seluruh varian. Audio bisa dikontrol melalui tombol di setir. Kelengkapan audi lainnya, menggunakan 6 speaker, terdiri dari 4 speaker bas dan medium dan dua tweeter.

Aksesories lainnya sama, termasuk lampu kabut dengan pinggiran bezel dikrom. Sedangkan warna tersedia lengkap  hanya untuk PX, tidak ada merah dan biru untuk tipe GLS dan GLX.

Fitur keselamatan untuk ketiga varian, dilengkapi sistem keamanan aktif yaitu 4 anti-lock braking system (ABS), electronic brakingforce distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Perlengkapan keselamatan pasif adalah kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan serta pembebas pedal rem. Fitur yang terakhir,  pedal rem akan melipat bila bagian depan mobil bertabrakan. Dengan cara ini, cedera kaki  pengemudi bisa dicegah tanpa mempengaruhi kerja rem.

Untuk efisiensi, Mitsubishi kini mengunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik (electric power steering/EPS). Sedangkan mekanismenya, akan patah, bila terjadi tabrakan sehingga tidak menghantam kaki pengemudi.

Sistem keamanan lain, adalah brake override system (smart pedal), sensor yang memastikan mobil tidak akan tancap gas bila pedal gas dan rem ditekan bersamaan. Bila kondisi ini terjadi, sensor langsung memastikan pengemudi melakukan cara yang salah atau tidak normal. Komputer akan langsung memperlambat laju kendaraan.

Interior Outlander berkesan mewah dengan jok dan setir dilapis kulit asli, head unit 2DIN, desain pengontrol AC dan tentu saja panel instrumen dengan dua bulatan tiga dimensi. Saat coba duduk di jok kemudi sembari memegang setir, posisi terasa mantap sembari kaki mengoperasikan pedal gas dan rem.

Leave a Comment