Minum Kopi Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.  Tidak hanya menjadi gaya hidup minum kopi hitam bisa menjaga stamina sepanjang hari, tapi tidak sedikit juga yang meminumnya untuk penurunan berat badan.

Kopi hitam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Menurut studi yang diterbitkan International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa atlet terlatih yang mengkonsumsi kopi sebelum latihan membakar sekitar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam masa latihan daripada mereka yang mengkonsumsi plasebo.

Dilansir dari Allwomenstalk Senin (3-8), berikut ini alasan mengapa kopi hitam baik untuk menurunkan berat badan.

Memperbaiki Sirkulasi Darah
Majalah kesehatan menjelaskan bahwa orang yang meminum 5 ons kopi hitam setiap harinya akan meningkatkan 30 persen sirkulasi darah kapiler. Ketika sirkulasi darah meningkat berarti oksigenasi pun akan meningkat pada jaringan tubuh, hal ini yang membuat hasil latihan lebih baik.

Kopi Mengurangi Rasa Nyeri
Penelitian dari University of Illinois mengungkapkan bahwa setelah melakukan latihan selama setengah jam, kemudian meminum dua atau tiga cangkir kopi akan meredakan nyeri otot. Jika Anda mengkonsumsi dua cangkir kopi sebelum latihan, menurut Journal of Pain akan membuat waktu latihan Anda lebih lama. Penyebabnya karena dua cangkir tersebut sudah dapat mengurangi nyeri otot hingga 48 persen saat latihan berlangsung.

Menambah Energi
Ketika rasa nyeri pada otot bisa teratasi, maka akan lebih lama durasi latihan yang dilakukan. Penambahan durasi pun harus dibarengi dengan energi yang sesuai. Dengan mengkonsumsi kopi, meningkatkan kinerja latihan yang setara dengan memotivasi tubuh memberikan energi lebih.

Leave a Comment