Manfaat Ubi Menurunkan Berat Badan

kini ubi sedang digandrungi sebagai salah satu makanan sehat. Ini karena nutrisinya yang hebat. Mampu membantu penurunan berat badan, memperlancar pencernaan, hingga mengontrol gula darah.​ Padahal umbi dari Amerika Tengah ini, dulu sering dianggap makanan murahan.

​Sebagai sumber karbohidrat, ubi manis disukai karena rasanya manis dan teksturnya lembut. Ubi ini ada yang kuning, oranye, dan ungu. Dapat diolah menjadi beragam hidangan. Berikut ini beberapa khasiat ubi bagi kesehatan.​

1. Kaya akan serat
Kandungan serat yang terdapat pada ubi ternyata cukup tinggi. Jika Anda memang sedang ingin menurunkan berat badan, cobalah ubi sebagai sumber serat harian. Makanan yang kaya akan serat akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan menghindari agar tidak lapar mata. Pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna serat, hal inilah yang membantu mengurangi asupan kalori berlebih sehingga mencegah naiknya berat badan.

2. Rendah Kalori
Rendahnya kalori pada ubi bisa membantu menurunkan berat badan. Seporsi ubi mengandung sekitar 90-100 kalori. Sedangkan pada kentang, justru jumlah kalorinya lebih banyak atau sekitar 300-400 kalori per sajian. Karenanya akan amat baik jika Anda mengganti ​camilan​ dengan ubi.

3. Mengontrol Gula Darah
Ubi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat. Tapi tenang, kandungan senyawa karetenoid membantu menstabilkan tingkat gula darah bahkan mengurangi tingkat insulin dalam tubuh. Kadar glikemik dalam ubi membantu mengontrol gula darah setelah Anda mengonsumsi ubi.

4. Kaya Akan Cadangan Air
Makanan dengan cadangan air yang tinggi akan lebih bagus bagi tubuh kita. Cadangan air yang tersimpan pada makanan membantu Anda merasakan kenyang yang lebih lama bahkan menghindari dari rasa kenyang berlebih.