Makanan Untuk Mengatasi Kulit Kering

Merasa kulit anda kering? Kulit kering biasanya terjadi pada  pada orang dewasa dan lanjut usia. Penyebabnya adalah akibat ketidakseimbangan sekresi sebum.

 

Ciri-ciri kulit kering antara lain:

  • Bagian tengah muka normal,
  • Di sekitar pipi dan dahi kering, tidak lembab dan tidak berminyak.
  • Kulit terlihat sedikit kasar, namun halus karena kering jika diraba,
  • Dirasa seperti rasa tipis, dan rapuh.

Kulit kering cepat menjadi tua karena kelenjar lemak tidak berfungsi dengan baik. Untuk membuat kulit kering terhidrasi, ada baiknya Anda tidak hanya melakukan perawatan dari luar tetapi juga dari dalam, yakni dengan mengonsumsi 5 makanan sehat yang dijelaskan pada halaman berikut ini:

Makanan untuk Membantu Atasi Kulit Kering

1. Seledri
Seledri mengandung silica, bahan yang dapat meningkatkan kelembaban sekaligus elastisitas. Campurkan seledri dalam salad untuk sarapan agar kulit tetap lentur.

2. Mentimun
Seperti seledri, mentimun juga mengandung silica. Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin E yang baik untuk peremajaan kulit.

3. Salmon
Ikan salmon kaya akan selenium, bagian penting dari enzim yang berperan dalam membuat antioksidan. Selenium juga membantu mencegah kerusakan DNA yang disebabkan oleh zat kimiawi dan radiasi.

4. Biji Rami
Omega-3 yang ada pada biji rami terbukti baik untuk mengatasi kulit kering, psoriasis, dan eksim.

5. Kacang Kenari
Kacang kenari mengandung omega-3, mineral, dan vitamin. Karenanya, kacang kenari mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat meregenerasi sel kulit.

Leave a Comment