Legalitas Senjata AirSoft Gun di Indonesia

Apakah itu airsoft gun? Airsoft gun adalah senjata dengan daya gas, merupakan replika senjata api yang sangat mirip sekali dengan senjata aslinya. Airsoft gun ini tidaklah terlalu berbahaya bagi mereka yang menggunakannya, jika terkena tubuh akan berbekas memar dan umumnya tidak menembus kulit hingga berdarah.

pistolairsoftgun

Menurut informasi Airsoft gun sudah di Akui sebagai alat olahraga menembak di Indonesia sehingga memiliki dan membawa airsoft gun diperbolehkan selama ikut bergabung dengan induk olahraga menembak. Aturan umumnya sebagai berikut:

  1. Wajib bergabung dengan klub menembak yang di akui
  2. Etika membawa Airsoft harus disimpan dalam gun case/ bag dengan kondisi mag terpisah. Kondisi magazen harus kosong tanpa BB.
  3. Akan diadakan pendataan Airsofter dan Airsoftnya, tapi mekanisme pendataan baru di kaji menyusul.

Berikut tips menggunakan airsoft gun untuk pemula

  • Gunakan pelindung sangatlah penting, guna menghindari bahaya yang terjadi walaupun sebenarnyaa airsfot gun tidak lah berbahaya. Hanya saja, jika terkena kulit akan terasa perih dan membekas, dan solusinya adalah menggunakan pakaian tertutup, kacamata, dan helm.
  • Mematuhi peraturan dan pedoman dalam permainan dan penggunaan airsoft gun sangatlah sehingga di harapkan bagi pemain pemula untuk lebih mematuhinya.
  • Jangan gunakan airsoft gun di tempat umum, airsoft gun di gunakan hanya di tempat-tempat khusus. Banyak sekali masyarakat yang awan akan airsoft gun karena bagi mereka yang awam akan menebak jika airsoft gun adalah senjata nyata.
  • Usahakan pengisian daya tabung gas yang benar, jika pengisian salah akan mengakibatkan bahaya. Rawat dengan benar airsoft gun yang anda miliki.

Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Comment