Ternyata Kurang Tidur Bikin Tubuh Mudah Gemuk

Kurang tidur membuat badan tambah gemuk, selain pikiran menjadi sulit untuk berkonsentrasi, tubuh menjadi cepat letih. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Chicago University, Orang yang kekurangan tidur akan memiliki resiko untuk kelebihan berat badan meskipun mereka sedang menjalani program diet.

Awalnya banyak yang meyakini bahwa orang yang kurang tidur di malam hari, secara tidak sadar cenderung akan memakan makanan tidak sehat di pagi hari. Ternyata, kini telah ditemukan alasan yang logis, bahwa kekurangan tidur lebih mempengaruhi tingkat Basal Metabolic Rate (BMR) seseorang.

Basal Metabolic Rate adalah kebutuhan minimal kalori manusia agar dapat bertahan hidup meskipun tubuh sedang beristirahat dan tidak melakukan aktivitas. Kekurangan tidur dapat mengakibatkan gangguan metabolisme tubuh, sehingga mengakibatkan proses pembakaran lemak yang turut menurun.

Peneliti memberikan test kepada 10 orang yang kelebihan berat badan dan berumur paruh baya yang rata-rata memiliki indeks massa tubuh 27,4. Test dilakukan pada dua percobaan secara terpisah, 10 orang tersebut diharuskan untuk diet rendah kalori dan tidur selama 5 jam dan 8 jam di malam hari.

Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang cukup tidur (8 jam di malam hari) dapat menurunkan kadar lemak yang lebih besar daripada mereka yang kurang tidur (5 jam) di malam hari meskipun keduanya sedang menjalankan diet rendah kalori.

Lebih dari 53 persen penurunan berat badan berasal dari menurunnya kadar lemak tubuh pada mereka yang mendapatkan tidur cukup di malam hari, dan hanya 25 persen penurunan berat badan dari menurunnya lemak tubuh pada mereka yang kurang tidur.

Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar hormon ghrelin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh, terutama pada mereka yang kurang tidur. Hormon ghrelin juga dikenal sebagai hormon pemicu rasa lapar dan mendorong seseorang untuk makan melebihi porsi normal. Peningkatan hormon ini akan menstimulasi otak sehingga kita merasa program diet yang sedang kita jalani terasa berat dan menyiksa sehingga kita akan memutuskan untuk berhenti diet.

Tidur dalam Gelap Efektif Turunkan Berat Badan

Selain hemat energi, mematikan lampu sebelum tidur malam ada manfaat lainnya. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa tidur dalam kondisi lampu menyala dapat menyebabkan berat badan bertambah. Hal ini didapatkan ketika peneliti mengetahui bahwa lebih dari 60 persen pelaku diet tidak mendapatkan tidur berkualitas karena lampu kamar yang terus dinyalakan.Ternyata, cahaya lampu dapat menghalangi tubuh memproduksi zat melatonin.

Melatonin adalah antioksidan murni yang melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Kelebihan melatonin lainnya adalah dapat menyebar lebih mudah ke seluruh sel syaraf tubuh sehingga sel-sel syaraf tubuh dapat beregenerasi lebih cepat.

Selamat tidur.

Leave a Comment