Kegemukan Dapat Menyebabkan Lelaki Hilang Kejantanan

Gawat Lelaki gemuk bisa menjadi gemulai gara-gara Kegemukan. Obesitas memang menjadi salah satu ancaman kesehatan masyarakat yang mengkhawatirkan. Tidak hanya meningkatkan risiko terserang diabetes, serangan jantung dan stroke, pria obesitas kini juga terancam kehilangan kelaki-lakiannya lho.

Kelebihan berat badan menyebabkan menumpuknya sel lemak di tubuh. Selain mengeluarkan zat berbahaya yang dapat mengikis pembuluh darah, sel lemak ternyata juga memicu terbentuknya hormon estrogen yang lebih banyak.

Hormon Estrogen (hormon kewanitaan) dipicu oleh sel lemak. Hormon Estrogen memang terdapat juga di dalam tubuh pria. Makanya kalau obesitas maka terlihat payudara si pria membesar, dan juga membuat kelaki-lakiannya menurun.

Selain payudara membesar, efek lain yang ditimbulkan dengan banyaknya hormon estrogen di tubuh pria adalah menurunnya kualitas sperma. Hal ini disebabkan oleh produksi testosteron yang berkurang. Jika testosteron sedikit, otomatis faktor seksual lainnya seperti kemampuan ereksi dan daya tahan seksual akan menurun.

Tak hanya pada laki-laki, kelebihan hormon estrogen juga berakibat buruk bagi wanita yaitu payudara semakin membesar, maka risiko wanita tersebut terserang kanker payudara pun semakin besar.

Selain itu wanita obesitas juga sering kali sulit hamil. Hal ini terjadi lantaran banyak wanita obesitas mengalami gangguan keseimbangan hormon (karena estrogen berlebih) yang berujung pada sindrom ovarium polikistik biasa disingkat PCO, menyebabkan sel telur menjadi sulit matang, sehingga meski keluar ketika berhubungan, kemungkinan terbuahi kecil.

Untuk itu, pria maupun wanita yang mengalami kesulitan membuat anak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan berat badan. Selain lebih bugar, berat badan yang turun juga mampu meningkatkan kualitas organ reproduksi. Hanya turun 10-15 kg saja kemungkinan bisa cepat hamil.

Leave a Comment