Jantung Berpengaruh Terhadap Memori Otak

Jantung sehat ternyata berpengaruh terhadap kapasitas memori. mereka yang memiliki kesehatan jantung buruk, kemungkinan besar juga bermasalah dengan memori. Hal tersebut diungkapkan sebuah studi dari Brigham Young University, Amerika Serikat.

Studi yang melibatkan 17.761 orang dengan usia 45 tahun ke atas tersebut membandingkan mereka yang memiliki kondisi kesehatan ideal dengan yang memiliki riwayat serangan jantung dan stroke. Mereka dievaluasi secara mental dan intelektual selama 4 tahun.

Studi juga menanyakan pula gaya hidup para partisipan, seperti kebiasaan merokok, makan, juga aktivitas fisik. Peneliti juga memperhitungkan perbedaan usia, jenis kelamin, ras, dan pendidikan.

Setelah dibandingkan, diketahui terdapat penurunan fungsi kognisi hingga 4,6 persen pada mereka yang memiliki kesehatan jantung buruk. Sementara pada kondisi jantung menengah, penurunan fungsi kognisi hanya terjadi sebesar 2,7 persen dan 2,6 persen pada kondisi jantung sehat.

Hal tersebut terjadi karena kesehatan fisik, terutama jantung, berbanding lurus dengan kesehatan otak.

“Dari penelitian diketahui, penurunan kesehatan jantung berbanding lurus dengan penurunan fungsi kognisi,” papar Dr Thacker, dilansir Daily Mail.

Hasil studi yang diterbitkan di Journal of the American Heart Association itu menyimpulkan kesehatan jantung yang buruk akan memengaruhi proses belajar, terutama dalam hal kekuatan memori dan kefasihan berbahasa.