Fakta Tentang Rambut Uban dan Kebenarannya

Siapa bilang uban berkaitan dengan usia tua, Bila rambut sudah mulai ditumbuhi uban, segera lakukan perawatan. Di tahun 2009, sekelompok peneliti dari Eropa menemukan mekanisme yang sebenarnya di balik munculnya uban.

uban

Menurut penelitian sel-sel rambut secara alami memproduksi zat yang disebut hidrogen peroksida, namun jika produksinya berlebihan maka rambut berubah menjadi keputihan. Ini akan tetap terjadi terlepas berapapun usia Anda karena setiap orang menghasilkan zat yang sama.

berikut adalah fakta tentang uban :

1. Mencabut Uban Boleh Tapi sebaiknya tidak
Mencabut uban memang akan menghilangkan rambut putih namun tidak dengan folikelnya sehingga dari situ akan tumbuh rambut baru. Mencabut satu helai rambutnya takkan berpengaruh terhadap rambut lain di sekitarnya. Namun tetap hati-hati ketika mencabut uban karena ini bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada folikel sehingga tak tumbuh lagi. Atau kemungkinan tetap tumbuh putih.

2. Stress secara tidak langsung Penyebab Uban
Penelitian menyatakan Stress hanya menyebabkan kerontokan rambut yang tidak permanen atau biasa disebut ‘telogen effluvium’. Tapi ketika tumbuh lagi, biasanya rambut yang dihasilkan tidak memiliki pigmen sebanyak rambut aslinya sehingga berwarna keputihan seperti uban.

3. Uban Berkaitan dengan Genetik orangtua
Seorang pakar menerangkan timbulnya rambut putih ternyata dipengaruhi oleh kondisi genetik, kendati gaya hidup tertentu juga dapat mempercepat munculnya uban ini. misalnya orang kulit putih cenderung lebih cepat beruban ketimbang orang Asia atau orang kulit hitam.

4. Pewarnaan rambut tidak menyebabkan uban
Biasanya alasan ini dipakai para orangtua agar anak-anaknya tak berani mengecat rambutnya atau bahkan gonta-ganti warna rambut. Padahal ini sama sekali tak ada hubungannya.

5. Terpapar matahari percepat munculnya uban
Paparan sinar matahari yang berlebihan memang mengakibatkan kulit menua dan keriput, tapi tidak ada pengaruhnya dengan rambut.Kendati begitu, pakar lain mengatakan uban lebih rentan mengalami kerusakan jika terpapar matahari karena kurangnya melanin yang terkandung di dalamnya. Jadi baiknya pakai topi.

6. Merokok penyebab uban
Sebuah studi di tahun 2013 memastikan ada kaitan antara kebiasaan merokok dengan perokok yang rambutnya memutih, bahkan sebelum usianya mencapai 30 tahun.

Leave a Comment