Keunggulan Nissan Evalia

Nissan Evalia yang menyasar segemen Low MPV  merupakan produk teranyar dari Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Nissan di Indonesia. Pihak Nissan menyadari  bahwa  Evalia harus mampu  head to head langsung dengan duet si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, belum lagi menghadapi pendatang baru Suzuki Ertiga.

Nissan Evalia

Menanggapi persaingan di segmen mobil serba guna dengan harga yang relatif murah ini, Nissan Motor Indonesia tetap yakin varian terbarunya, Evalia, akan mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Peluang Evalia di yakini  cukup terbuka.

Nissan bukan tanpa bekal kuat menghadirkan Evalia ke Tanah Air. Evalia atau yang memiliki nama lain NV200 ini punya lima andalan yang menjadi senjata untuk menjadi pilihan konsumen Indonesia.

Lima faktor andalan Nissan Evalia adalah tingkat kenyamanan berkendara yang baik (comforf driving), efisiensi bahan bakar tinggi (fuel efficient), ruang kabin yang lega (spacious cabin), desain bodi yang elegan (elegan design) dan tentu saja harga yang terjangkau (affordable price).

Evalia akan diproduksi di Indonesia dengan kandungan komponen lokal yang mencapai 75 persen. Oleh karenanya harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Nissan Evalia dipersenjatai mesin HR15DE dengan dua injektor. dengan dua pilihan tipe yakni SV dan XV. Kedua tipe tersebut diperkuat transmisi manual dan otomatis.Nissan telah memastikan range harga yang ditawarkan Rp145 – Rp180-an juta.

WARNA PUTIH MENJADI FAVORIT

Walau belum resmi meluncurkan MPV Evalia. Namun, Nissan telah membuka pemesanan sejak bulan lalu. Sambutan konsumen Indonesia cukup hangat, setidaknya ratusan Nissan Evalia telah terpesan.

Dari sejumlah warna yang ditawarkan, warna putih mendominasi jumlah pemesanan. Dengan persentase mencapai sekitar 30 persen dari seluruh pesanan. Evalia sendiri tersedia dalam enam pilihan warna di antaranya, Dark Red Metallic, Black Solid, Silver Metallic, White Solid, Blue Green Metallic dan Grey Metallic.

EVALIA NYAMAN

Berikut testimoni saat pertama duduk di bangku tengah Nissan Evalia. Saat itu  AC berada di level pertama. Hembusan hawa dingin cukup lembut terasa sampai di kabin tengah. Ruang cukup lapang di baris kedua dan penumpang bisa leluasa bergerak. Sayang, kaca jendela Evalia SV bertansmisi manual ini tidak bisa dibuka.

Puas di kabin tengah, penguji coba bertukar tempat dengan merasakan kursi penumpang di baris ketiga. Awalnya cukup sempit buat penumpang dengan tinggi 170 cm lebih. Tapi, kursi paling belakang ini ternyata bisa diatur (maju-mundur), untuk mencari posisi ternyaman.

Hembusan AC di level pertama juga tidak begitu terasa di kursi paling belakang ini. Namun, setelah ditambah ke level kedua, hawa dingin baru lumayan terasa. Nissan Evalia SV ini memang tidak dilengkapi dengan AC double blower.
Suspensi menunjukkan performa yang cukup baik. Diperkuat shock MacPherson di depan dan per daun (leaf spring), di sektor belakang setiap lubang yang dihantam dapat diredam dengan baik.

Meski tidak dilengkapi fitur seperti pada tipe tertingginya, Evalia SV cukup mampu memberikan kenyamanan lebih. Meski demikian, bagi Anda yang menginginkan pelayanan lebih dapat menambahkan opsional seperti foglamp dan kaca samping yang bisa dibuka. Tentunya dengan menambah biaya tambahan.

SPESIFIKASI NISSAN EVALIA

Nissan Evalia menggunakan mesin yang sama dengan Grand Livina, yaitu menggunakan mesin HR15DE, 4 silinder berkapasitas 1.5 liter CVTC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar  109 PS pada 6000 rpm. Evalia ditawarkan dengan dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Karena bobot Evalia lebih berat daripada Grand Livina,sehingga Nissan perlu merubah perbandingan gigi transmisi dan final gearnya.  Wheelbase Evalia memiliki panjang 2.725 mm, lebih panjang dari Grand Livina yang hanya memiliki panjang 2.600 mm, jelas membuat kabin Evalia menjadi lebih lapang dan nyaman.

Evalia juga telah dilengkapi dengan Electric Power Steering dan sebuah kamera untuk melihat ke belakang atau rear view camera berupa opsional untuk memudahkan saat memarkir kendaraan. Selain itu, Evalia juga telah disematkan beberapa fitur keamanan seperti Anti-lock brakes system (ABS) dengan Electronic Brake Assist (EBA) dan Electronic Force Distribution (EBD). Kemudian adanya pilihan Electronic Stability Programme (ESP) yang bisa menjadi fitur standar atau fitur opsional.