Cara Merawat Gigi Anak Balita

Sebaiknya jangan sembarangan mencium mulut anak, karena melalui ciuman itu bakteri penyebab gigi berlubang dari orangtua bisa berpindah. Bakteri tersebut juga bisa berpindah karena penggunaan sendok secara bergantian atau sikat gigi. Karena itu sebaiknya orangtua dan anak tidak menggunakan sendok yang sama untuk menyuap makanan.

sehatkita

Apalagi ada orangtua yang suka mengunyahkan makanan untuk anaknya. Kalau sudah lembut, dikasih ke anaknya. Ini tidak boleh. Agar gigi anak tetap sehat, perlu dibiasakan menyikat gigi dengan benar secara teratur. Selain itu jangan terlalu banyak makan makanan manis yang sangat disukai oleh bakteri penyebab gigi berlubang.

Dokter gogi menganjurkan agar aktivitas gosok gigi dengan pasata gigi mulai dilakukan saat anak sudah bisa berkumur. Jika anak belum bisa berkumur, maka gosoklah giginya tanpa menggunakan pasta gigi.

Sikat gigi anak pilihlah yang kecil. Kalau perlu biarkan anak memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi untuk dirinya sendiri biar dia senang. Yang paling penting adalah bagaimana dia menyikat gigi. Depan, dalam, semua permukaan gigi harus disikat. Jangan lupa lidah juga disikat.

 

Leave a Comment